IGI TERUS MEMBERI INSPIRASI

0
516

SALAFUDDIN FITRI

Banjarmasin, Kalsel

Catatan hasil Kegiatan bersama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kalsel

Sebagai seorang alumni perguruan tinggi keguruan, aku sangat bangga jika bertemu dengan teman alumni yang menjadi guru penuh kreatifitas, enerjik, dan punya segudang ide untuk membangun masa depan pendidikan yang lebih baik. Memang sudah bisa diprediksi, kemunculan Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Kalimantan Selatan bakal diisi oleh tokoh-tokoh muda kalangan guru yang punya kreatifitas tinggi. Di sinilah aku bertemu, berinteraksi dan berdiskusi dengan teman-teman sesama alumni.

Kehadiran IGI di Kalsel, terutama di Banjarmasin mampu memberi warna baru dalam aktifitas pengembangan kompetensi guru, terutama kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Aku kadang merasa malu, teman-teman yang sudah lama bergabung di IGI adalah para juniorku yang dulu belajar satu kampus denganku. Mereka hari ini begitu melejit kompetensi diri sebagai seorang guru. Mereka begitu mahir mempergunakan media pembelajaran digital terkini dan punya wawasan yang luas dalam kajian keilmuan keguruan.

Dulu ketika masih mahasiswa, aku dikenal mereka sebagai seorang penulis yang produktif. Memang dulu aku banyak menulis artikel di berbagai media massa, menjadi ketua penyunting majalah kemahasiswaan dan puncaknya aku pernah menjadi salah satu penulis penulis artikel terbaik pada peringatan Ulang Tahun salah satu media di Kalsel.

Beberapa tahun terakhir ini aku sering ditelpon oleh pak Gusti Surian, saat ini dia jadi Bendahara Umum IGI Pusat, jika ada kegiatan IGI. Dari sejumlah kegiatan yang ditawarkan, ada yang bisa aku ikuti, tetapi ada juga yang berlalu begitu saja, karena aku tak bisa menyisihkan waktu di tengah kesibukan sebagai pengawas madrasah dan juga mengajar di almamaterku serta ditambah mengajar di salah satu PTS yang tidak jauh dari tempat tinggalku.

Di bulan ini, Nopember 2016 aku betekad untuk mengisi waktu dengan ikut salah satu kegiatan IGI. Aku ikut Training of Couch (ToC) Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Berbasis Digital selama lima hari, dari tanggal 18 sampai 22. Bersama pengawas yang lain, bu Ilda dan pak Yani, kami membaur bersama guru dalam kegiatan yang bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu (LPMP) Kalimantan Selatan yang berlokasi di jalan Gotong Royong Banjarbaru.

Selain kami, ternyata ada juga dari Banjarmasin yang ikut bergabung di LPMP. Ibu Dila guru Bahasa Arab MAN 1, bu Halida, pak Gusti Surian, pak Halim, pak Arbain, pak Adnani, pak Kamal dan pak Hadi. Di antara mereka ada yang memang sebagai peserta seperti kami, tapi ada juga yang memang merangkap sebagai panitia.

ToC yang kami ikuti kali ini sebenarnya bukan kegiatan IGI yang pertama yang pernah aku ikuti. Setelah resmi menjadi anggota, aku dulu pernah menjadi peninjau acara Pra Kongres Nasional IGI di Martapura, bersama kawan yang juga pengawas Banjarmasin.

Kembali dari kegiatan ToC, ada rekan sesama pengawas yang menanyakan hasil yang kami dapatkan dari kegiatan tersebut. Sebenarnya, bila dibanding dengan diklat-diklat yang biasa kita ikuti tidak jauh berbeda. Aku baru saja bulan Agustus tadi mengikuti Diklat Calon Asesor Angka Kredit Pengawas di Hotel The Mirah Bogor. Kemudian tahun sebelumnya mengikuti Pelatihan Pengelolaan Program Peningkatan Mutu Madrasah di Hotel Bumi Surabaya. Tetapi sebenarnya ada hal yang sangat menarik dari kegiatan yang dilaksanakan oleh IGI ini. Salah satu hal yang perlu dicatat, bahwa kegiatan adalah kegiatan mandiri, swadaya tanpa ada bantuan dari pemerintah. Artinya kalaupun pasilitas pemerintah yang ditempati untuk pelaksanaan kegiatan seperti LPMP atau tempat lain, itu hanya bentuk kerja sama bukan berarti dibiayai oleh dana pemerintah. Kegiatan ToC yang kami ikuti dibiayai oleh peserta. Peserta mengeluarkan dana untuk konsumsi, akomudasi dan keperluan lain selama kegiatan. Ini berarti mereka yang ikut kegiatan adalah mereka yang memang benar-benar memiliki semangat untuk mendapat ilmu dan ada keinginan untuk mengembangkan potensi diri meski harus mengeluarkan dana pribadi.

Mengingat ToC dibiayai sendiri oleh peserta, tentu semangat dan motivasinya dalam kegiatan ToC akan tinggi. Hal lain yang perlu dikemukakan di sini sebagai bagian dari hasil kegiatan adalah adanya semangat dan kerja keras yang selalu diperlihatkan oleh para tutor baik tutor dari provinsi maupun tutor dari Pengurus Pusat IGI. Tutor dari Pengurus Pusat IGI rata-rata orang muda yang sukses sebagai guru. Segudang prestasi pernah diraih oleh mereka. Sebagai salah satu contoh, pak Mampuono R Tomoredjo yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal IGI adalah tokoh muda yang pernah meraih berbagai kejuran di tingkat nasional. Dia pernah mendapat penghargaan dalam lomba tingkat nasional sebanyak 7 kali dan di tingkat internasional sebanyak 1 kali. Luar biasa, ini tentu bisa menjadi inspirasi untuk kita semua.

Selagi muda kata orang adalah saat-saat kita harus meraih prestasi. Memperhatikan kawan-kawan yang aktif di IGI dan memiliki banyak prestasi, tentu akan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu terus mengukir prestasi.

Ketika aku masih menjadi guru dan menjabat sebagai kepala madrasah telah kuukir juga prestasi dengan menjadi guru madrasah berprestasi tingkat provinsi. Kemudian kepala madrasah berprestasi, dan tahun kemaren sebagai pengawas madrasah berprestasi tingkat nasional di urutan ke tiga, setelah sebelumnya meraih urutan pertama di tingkat provinsi.

Prestasi yang kuraih dan yang telah kuusahan, ternyata tidak ada apa-apanya jika dibanding prestasi dan pengabdian yang telah diperlihatkan kawan-kawan di IGI. Inilah sebenarnya yang membuat aku malu, tapi aku tidak akan berbenti, juga tidak akan sembunyi, apalagi lari dari kenyataan. Akan kucoba dengan kembali membangun semangat untuk bangkit. Karena semangat untuk bangkit telah kudapatkan dari para tokoh-tokoh muda di IGI yang selalu menginspirasi aku untuk terus bangkit. Sehingga pada satu hari nanti aku yang hari ini adalah Ketua Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Kalimantan Selatan tidak akan malu lagi bertemu dengan adik-adik para juniorku.

Terima kasih IGI ! Semoga jaya selalu.

Salafudin Fitri
KTA. 0511-01-000442

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here