SELAMAT HARI GURU…! MARILAH MENJADI GURU BAGI BANGSA.

0
589

Satria Dharma

Siapakah yang disebut sebagai “Guru Bangsa”? Guru bangsa adalah setiap orang yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk mendidik siswa dan orang-orang di sekitarnya agar dapat menjadikan mereka sebagai tunas-tunas bangsa yang akan tumbuh dan menjadi pembangun bangsa sesuai dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan dan amanat Undang-undang 1945.

Apakah hanya orang-orang besar saja yang bisa menjadi guru bangsa? Tidak. Pada hakikatnya bahkan setiap guru yang berdiri di depan kelas atau pun berkeringat di lapangan dan di laboratorium dan mengajar anak-anak bangsa sehingga dapat membuat anak-anak tersebut bangkit semangatnya dan muncul inspirasi untuk dapat menjadi penerus perjuangan bangsa pada hakikatnya adalah Guru Bangsa sejati.

Jadi jika Anda seorang guru atau instruktur di lapangan, untuk sejenak lupakan para orang-orang besar di buku-buku sejarah yang sudah dan sedang ditulis, dan mari kita bertanya pada diri kita sendiri apakah kita berkeinginan untuk menjadi Guru Bangsa atau tidak. Kebangkitan bangsa dan negara Indonesia ini ada di tangan para Guru Bangsa yang mendedikasikan seluruh hidup dan cita-citanya kepada pembangunan bangsa melalui pendidikan para tunas bangsa. Dan ada sebesar 2,7 juta guru di seluruh Indonesia yang dapat menjadi Guru Bangsa jika kita mau!

Permasalahan bangsa, dan bahkan masalah pendidikan yang begitu kompleks, jelas tidak dapat diselesaikan sendiri oleh pemerintah, di mana pun di dunia ini. Justru kitalah para guru, yang jumlahnya 2,7 juta orang, itulah yang sebenarnya memegang kunci solusi dari permasalahan bangsa. Jika para guru tersebut dapat menjadi Guru Bangsa maka semua permasalahan bangsa akan dapat terselesaikan dengan mudah.

Sila baca seterusnya di bawah ini. http://satriadharma.com/2008/05/12/klub-guru-membangun-negara-dengan-menjadi-guru-bangsa/

#HGN #IGI #IGI7tahun

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here