Puluhan Kadisdik Dukung IGI Tingkatkan Kompetensi Guru

0
845

Jakarta, IGI.OR.ID- Tiga puluh tujuh kepala dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menghadiri kegiatan Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) Program Organisasi Penggerak (POP) Ikatan Guru Indonesia (IGI), yang berlangsung di Hotel Menara Peninsula Jakarta, tanggal (21 – 23) Juni 2023.

Ujung dari rangkaian POP adalah dengan digelarnya kegiatan penyusunan RTL, sehingga POP IGI dipastikan akan berdampak pada guru IGI di wilayah yang lebih luas di Indonesia.

Dirjen GTK kemendikbudristek Prof. Dr. Nunuk Suriani, M.Pd.

Dirjen GTK kemendikbudristek Prof. Dr. Nunuk Suriani, M.Pd. dalam sambutannya menjelaskan sejak diluncurkan Program Organisasi Penggerak (POP) yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar di awal tahun 2021 lalu, POP telah melibatkan sekitar 7.000 sekolah dan tidak kurang dari 50 ribuan kepala sekolah, guru, dan pengawas.

IGI membuktikan ikut bergotong royong atau berkolaborasi untuk menggapai kemajuan pendidikan. “Saya yakin IGI mampu melanjutkan program ini karena diisi oleh guru visioner, memiliki kompetensi, berwawasan global yang tentu jiwa milintansinya sangat kuat” jelas Nunuk.

“Untung ada Organisasi Profesi Guru seperti IGI, sehingga program peningkatkan kompetensi guru dapat berjalan dengan baik. Makanya kami sangat mengapresiasi IGI” tambahnya.

Sementara itu, Ketum IGI Danang Hidayatullah memaparkan dalam sambutannya bahwa peran organisasi penggerak khususnya IGI telah berperan dalam program yang digagas kemendikbudristek dimasa mas Menteri Nadhim Makarim, “Ada atau tidak ada anggaran IGI sejak berdiri memang terus memprogramkan berbagai upaya peningkatan kompetensi guru” jelasnya.

Salah satu Kadisdik Kabupaten Kota yaitu Kadisdik Aceh Utara Jamaluddin, S.Sos., M.Pd menjelaskan bahwa sejak adanya POP Disdik Aceh Utara merasa terbantu dalam meningkatkan kompetensi guru, dengan berakhirnya program ditahun ketiga ini tentu Dinas pendidikan berharap IGI tidak berhenti dalam memajukan kompetensi guru dan akan terus kolaborasi Disdik dalam mengembangkan kompetensi guru, “dari awal program ini kami dukung, dan diharap terus berlanjut dalam berkonstribusi menguatkan literasi dan numerasi” jelasnya.

Sementara itu, ketua IGI daerah sasaran dari Kabupaten Jenneponto Sulawesi Selatan menjelaskan jika pihaknya telah berkomitmen untuk melanjutkan program ini dengan menginspirasi melalui praktik baik, serta melakukan pengimbasan melalui pelatihan, “Kami berterima kasih kepada Kadisdik Jenneponto yang telah mendukung program ini” jelas Amirullah. [iwa]


RBG.ID

ONLINEKASUS.COM

Comments

comments