Peserta FLS Diajari Membuat E-Book Oleh IGI Aceh

0
132

Sebagai rangkaian dari kegiatan Festival Literasi Sekolah (FLS) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh Besar, para trainer IGI memberi pelajaran cara membuat E-Book bagi peserta FLS. E-book adalah buku digital yang berbentuk soft copy. Soft copy ini bisa dicetak atau bisa juga cukup dibaca melalui komputer atau handphone. Literasi berbentuk e-book ini menjadikan hasil tulisan bisa lebih mudah untuk dibagikan, lebih murah dan lebih simpel.

Sebelumnya, FLS jenjang SMK tahun 2019 ini digelar lomba karya literasi vokasi, seminar literasi dan diakhiri dengan Workshop Literasi Teknologi. Dalam workshop literasi, selain cara membuat e-book, peserta juga mendapat materi tentang penggunaan QR Code untuk pembelajaran serta pemanfaatan android untuk media belajar.

Kegiatan FLS yang mengangkat tema “Inovasi Multiliterasi Menyiapkan Remaja Milenial Cakap di Era Disrupsi” ini berlangsung sejak tanggal 26 Juni sampai 30 Juni 2019 ini dipusatkan di Grand Hotel Syariah, Lamdom Aceh Besar.

Dalam kegiatan FLS tahun 2019 ini, Ikatan Guru Indonesia diberi kepercayaan oleh Dinas Pendidikan Aceh untuk mengelola kegiatan tersebut sekaligus menjadi dewan juri dalam ajang lomba literasi. Ketua IGI Wilayah Aceh, Drs. Imran, menyampaikan dalam kegiatan FLS ini melibatkan 12 orang trainer IGI yang memiliki kemampuan literasi berbeda-beda.

“Rata-rata trainer IGI yang dilibatkan adalah para trainer yang sering bergabung dengan Seameo, Seamolec, Rumah Belajar Kemdikbud, Trainer Sagusaku IGI, Trainer Sagudelta IGI dan pelatih nasional IGI”, lanjut Imran.

“IGI juga sangat berterima kasih kepada Dinas Pendidikan Aceh yang peduli dengan pengembangan gerakan literasi di Aceh khususnya pada sekolah, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Festival Literasi sekolah”, tutupnya.

Ref./: Fitriadi

Comments

comments