GURU “IGI BALIKPAPAN” RAIH DUA PENGHARGAAN

0
222

Ketersediaan buku yang berkualitas memiliki peran penting dalam upaya menumbuhkan budaya literasi. Dalam rangka mendukung gerakan literasi nasional, Kantor Bahasa Kalimantan Timur, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi.

Bahan bacaan yang bermutu mampu menumbuhkan budaya baca sekaligus sumber inspirasi bagi pembacanya, di antaranya harus terwujud dalam sajian isi, ilustrasi, elemen instrinsik dan kebahasaan yang menarik dan atraktif.

Seluruh naskah lomba sayembara dikirimkan kepada Panitia Sayembara Bahan Bacaan Literasi Kantor Bahasa KalimantannTimur yang beralamat di jalan Batu Cermin 25, Sempaja, Samarinda 75119 Telpon (0542) 250256 paling lambat pada tanggal 31 Mei 2019.

Sayembara yang dilaksanakan ini terbagi dalam tiga kategori perjenjangan, sebagai upaya memastikan bahwa konten, elemen kebahasaan, dan visual bahan bacaan sesuai dengan pembaca sasaran. Tiga kategori perjenjangan tersebut adalah jenjang pramembaca, membaca dini, dan membaca awal.

Salah satu pemenang dari kategori “Membaca Dini” adalah Masdiana, S.Pd yang merupakan Sekretaris Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Balikpapan. Sekaligus akan mewakili peserta dari provinsi Kalimantan Timur ke tingkat nasional.

Prestasi yang ditorehkan sang sekretaris IGI dan memiliki tanggungjawab pada Ikatan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (IGPAUD) sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan ini juga meraih sebagai Nominasi Penghargaan Acarya Sastra Bagi Pendidik.

Seleksi penghargaan tersebut juga diselenggarakan oleh Kantor Bahasa KalimantannTimur. Atas prestasinya ini Masdiana, S.Pd juga menjadi wakil Provinsi Kakimantan Timur untuk ketingkat nasional bersaing dengan guru lainnya di seluruh Indonesia.

Sosok sang juara yang biasa disapa Bunda Diana Masdik ini tak asing lagi. Selain sebagai Kepala TK Melati Balikpapan juga menjadi seorang penulis. Banyak sudah buku ber-ISBN yang diterbitkannya. Seperti fabel Semut Merah yang Malas sebagai naskah pemenang ketiga lomba menulis cerita anak, Smart Kujab APE Aud adalah buku yang mengantarkannya menjadi Master Coach Champion 2017 IGI. Juga menjadi Pelatih Nasional Sagusaku (Satu Guru Satu Buku) dan Sagusata (Satu Guru Satu Cerita ). Masih banyak lagi hasil buah pikirannya yang menjelma dalam buku ber -ISBN dan Jurnal Ilmiah ber-ISSN.

Tak ada yang tak mungkin sebuah prestasi dapat diraih, jika perjuangan mendapatkannya dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh. Man Jadda Wa Jada. Ungkapan yang disampaikan sang pemenang pemilik hobi membaca, menulis , musik dan potografi ini. Untuk memotivasi dirinya dan rekan-rekan guru lainnya. Semangat berjuang harus terus berkobar untuk membakar api semangat di jiwa.

Balikpapan, 28.06.19

Masdiana, S.Pd

Comments

comments