Pelatihan Para Pelatih Virtual Reality

0
363

Pelatihan Para Pelatih Virtual Reality 
Meningkatkan Kompetensi Pendidik Melalui Teknologi Virtual Reality

Teknologi semakin berkembang di era digitalisasi saat ini. Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan semakin meningkat pula dikarenakan pembelajaran yang dilakukan secara daring saat ini. Adapun manfaat teknologi yaitu sebagai sarana pendukung bagi peserta didik dan pendidik untuk mencari informasi yang lebih luas, memudahkan akses belajar, dan meningkatkan minat belajar.

Pendidik di era saat ini dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif. Salah satu kompetensinya yaitu kompetensi dalam penggunaan teknologi pendidikan. Kompetensi ini sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Selain itu, perbedaan gaya belajar masing-masing peserta didik membuat pendidik perlu memikirkan metode dan media pembelajaran apa yang dapat diterapkan kepada peserta didik.

Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah teknologi Virtual Reality (VR). Teknologi Virtual Reality (VR) adalah salah satu terobosan solutif yang dapat membantu pendidik untuk memberikan pembelajaran yang lebih menyenangkan sehingga dapat mengembalikan kebahagiaan peserta didik dalam belajar.
Penggunaan VR dan penelitian tentang dampak positifnya sudah banyak diteliti sejak puluhan tahun lalu. Berikut adalah beberapa keuntungan penggunaan teknologi Virtual Reality bagi proses belajar-mengajar:

1. Meningkatkan konsentrasi siswa hingga enam kali lipat.
2. Meningkatkan ketertarikan siswa untuk belajar dan menganalisa, terutama objek studi atau simulasi yang abstrak.
3. Menambah penghematan untuk biaya laboratorium dan media simulasi ajar (penghematan bisa lebih dari 70%)
4. Meningkatkan koneksi antara pendidik dan peserta didik melalui teknologi.
5. Memudahkan melakukan simulasi HOTS.

Berdasarkan hal tersebut di atas, Millealab berkolaborasi dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dalam mengadakan “Pelatihan Para Pelatih Virtual Reality” dalam rangka Meningkatkan Kompetensi Pendidik Melalui Teknologi Virtual Reality.

MILLEALAB
Millealab adalah platform VR all-in-one untuk pendidikan K-12. Millealab menggunakan teknologi cloud yang memudahkan p

eserta didik untuk mengakses dunia Virtual yang dibuat oleh pendidik.

Hingga saat ini Millealab telah diakses di 34 provinsi di Indonesia dengan jangkauan lebih dari 16.000 siswa di 110 sekolah di Indonesia.

Selain itu, Millealab juga telah melatih dan mensertifikasi 2800 guru di seluruh Indonesia untuk menjadi VR Ambassador Indonesia. Millealab telah bekerjasama dengan banyak pemangku kepentingan pendidikan, termasuk asosiasi guru, kementerian pendidikan, lembaga dan komunitas pendidikan di Indonesia.

Filosofi Pelatihan:

PRINSIP ANDRAGOGI
Para peserta berhak untuk:
1. Didengarkan dan dihargai pengalamannya.
2. Dipertimbangkan setiap ide, dan pendapatnya yang sesuai dengan konteks pelatihan.

Para peserta berhak untuk:
1. Mendapatkan Lisensi Premium Millealab selama 6 bulan.
2. Mendapatkan pelatihan secara profesional dengan berbagai metode, dan materi mengenai Virtual Reality Pendidikan, khususnya Millealab.
3. Melakukan refleksi dan memberikan feedback secara terbuka.
4. Melakukan evaluasi mengenai tingkat pemahaman, pengaplikasian platform VR dan penelitian.

LEARNING BY DOING
Para peserta diwajibkan untuk:
1. Melakukan pelatihan mengenai pengaplikasian platform Virtual Reality – Millealab.
2. Melakukan pengulangan atau perbaikan konten VR berdasarkan hasil feedback dari Trainer.
3. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kepada peserta didik berdasarkan konten VR yang telah dibuat.
4. Memberikan laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kepada Trainer.
5. Mendiseminasikan kepada pendidik lainnya mengenai Virtual Reality pendidikan dan pengaplikasian Millealab.

Hasil yang didapatkan:
1. Peserta dapat meningkatkan kompetensi teknologi Virtual Reality dan dapat dikembangkan oleh peserta.
2. Peserta memperoleh sertifikat setelah dinyatakan mencapai kompetensi yang diharapkan pada akhir pelatihan.

P E R A N:
Peserta yang menyelesaikan pelatihan di setiap wilayah akan menjadi Virtual Reality Ambassador dan berperan sebagai pelatih pada pelatihan Millealab di wilayah-wilayah VR Ambassador dan mendapatkan manfaat baik lainnya setelah tergabung menjadi VR Ambassador Millealab.

F U N G S I
Dalam melakukan perannya, peserta memiliki fungsi sebagai berikut:
1. Melakukan praktik baik mengenai penggunaan Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran.
2. Menjadi pelatih pada pelatihan peningkatan kompetensi teknologi pendidik menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) di tingkat Provinsi/ Kabupaten/Kota.

K O M P E TE N S I
Untuk menjalankan fungsinya, peserta memiliki kompetensi dalam:
1. Menjelaskan konsep dasar mengenai Virtual Reality dalam dunia pendidikan
2. Menjelaskan platform pembuat konten Virtual Reality – Millealab
3. Membuat konten Virtual Reality berdasarkan RPP
4. Melakukan praktik baik penggunaan Virtual Reality dalam pembelajaran dengan berbagai metode baik secara luring, hybrid dan daring.
5. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas penggunaan Virtual Reality dalam pembelajaran.
6. Mendiseminasikan pengetahuannya mengenai Virtual Reality – Millealab kepada pendidik lainnya

Tujuan Pelatihan:

TUJUAN UMUM
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu melatih pada pelatihan peningkatan kompetensi teknologi pendidikan melalui teknologi Virtual Reality (VR) di tingkat Provinsi/ Kabupaten/ Kota.

TUJUAN KHUSUS
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
1. Menjelaskan konsep dasar mengenai Virtual Reality dalam dunia pendidikan dan manfaat baik penerapan Virtual Reality
2. Menjelaskan fitur-fitur yang terdapat pada platform pembuat konten Virtual Reality, yaitu Millealab
3. Membuat konten Virtual Reality dengan menggunakan Millealab berdasarkan RPP
4. Melakukan praktik baik penggunaan Virtual Reality-Millealab dalam pembelajaran dengan berbagai metode baik secara luring, hybrid dan daring.
5. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas penggunaan Virtual Reality – Millealab dalam pembelajaran.
6. Mendiseminasikan pengetahuannya mengenai Virtual Reality dalam dunia pendidikan dan pengaplikasian platform Virtual Reality-Millealab kepada pendidik lainnya

Output Pelatihan

Output yang dihasilkan setelah pelatihan adalah sebagai berikut:
1. Konten Virtual Reality yang sesuai standar dan dapat diaplikasikan kepada peserta didik.
2. Meningkatnya kompetensi peserta mengenai teknologi Virtual Reality, khususnya menggunakan platform Millealab.
3. Report penelitian mengenai penggunaan Virtual Reality – Millealab dalam pembelajaran yang diujicobakan kepada peserta didik.
4. Peserta menjadi bagian dari komunitas VR Ambassador Millealab yang dapat mengikuti berbagai program dan kompetisi khusus VR Ambassador Millealab sehingga mendapatkan banyak manfaat baik.
5. Peserta dapat menjadi Template Maker Millealab yang mana ke depannya template konten VR ini akan dapat menjadi benefit sendiri untuk para VR Ambassador nantinya.
6. Peserta dapat mengimbaskan atau mendiseminasikan kepada 30 pendidik lainnya per-wilayah yang mana akan didukung oleh tim Trainer dan Millealab dalam pengimbasan tersebut.

Kriteria Peserta
Guru sekolah negeri maupun swasta di wilayah Republik Indonesia yang direkomendasikan oleh Ketua Wilayah IGI. 1 Provinsi maksimal 3 peserta.

  • Melampirkan daftar riwayat hidup
  • Melampirkan pas foto terbaru ukuran 4×6
  • Melampirkan foto kopi KTP
  • Mengisi formulir pendaftaran peserta pada link yang diberikan (Link GForm pendaftaran menyusul)
  • Mendapat izin dari kepala sekolah dengan melampirkan surat izin Kepala Sekolah/Yayasan/Dinas Pendidikan lengkap dengan tanda tangan dan cap sesuai format. (Format surat izin terlampir)
  • Mengisi surat pernyataan dan kesanggupan mengikuti pelatihan dan melaksanakan diseminasi atau pengimbasan (Format surat pernyataan terlampir)
  • Melampirkan Surat Rekomendasi mengikuti kegiatan dari Ketua Wilayah IGI asal peserta
  • Bertanggungjawab dan berkomitmen penuh dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Para Pelatih yang akan diadakan selama 3 bulan.

Struktur Program

Timeline Program

Jadilah Virtual Reality Ambassador di Wilayahmu

Registrasi Pelatihan Para Pelatih Virtual Reality IGI 34 Provinsi:
https://bit.ly/FormMillealabIGI

Kuota: 3 utusan dari masing masing Wilayah IGI
(setiap calon peserta wajib melampirkan rekomendasi dari Ketua IGI Wilayah setempat)

Batas akhir pendaftaran 18 Agustus 2021, pukul 12.00WIB

Video dokumen giat VR:
https://www.youtube.com/watch?v=BdH9yWD9iFo

PJ Kegiatan
CP: Lilis Ikaningsih 0819-0507-5798

 

Comments

comments