Mendikbud: Pendidikan Faktor Penting dalam Pembangunan Berkelanjutan

0
864

Jakarta, Kemendikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menghadiri acara Report Launch on International Commission on Financing Global Education Opportunity, yang dilaksanakan pada tanggal 18 – 19 September 2016, di New York, Amerika Serikat. Pada pertemuan tersebut Mendikbud menekankan bahwa Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembangunan berkelanjutan.

 

“Global Education Monitoring Report 2016 yang telah diluncurkan pada awal bulan ini menunjukkan bukti dari pentingnya pendidikan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan,” demikian disampaikan Mendikbud pada acara tersebut di Amerika Serikat, Senin (19/09/2016).

 

Mendikbud mengatakan, jika kemajuan pendidikan dikesampingkan, maka akan menimbulkan hasil yang fatal pada pembangunan berkelanjutan. Tetapi, jika dapat menyelesaikan pendidikan menengah pertama ke atas secara universal sampai tahun 2030, maka dapat mencegah 200.000 kematian akibat bencana dalam 20 tahun. 

 

Dalam laporan yang disampaikan dalam forum tersebut, Mendikbud menenkankan bahwa pengembangan pendidikan harus dapat memenuhi landasan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk bertindak berdasarkan 12 rekomendasi pola yang disebut dengan “Generasi Pembelajar”. “Untuk menghormatinya, Indonesia menguatkan komitmen yang mendukung penyelenggaraan Global Monitoring Report tersebut untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan,” jelas Mendikbud.

 

Mendikbud berharap bahwa usaha bersama berbagai negara dalam upaya memajukan pendidikan ini dapat memberikan kontribusi lebih banyak untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Selain itu juga dapat membuat kehidupan manusia lebih damai, masyarakat yang terpadu dengan kehidupan yang lebih bermartabat, setara, dan berkeadilan. 

 

“Pada kesempatan ini saya mengajak semua untuk bekerja bergotong royong, mendorong diri sendiri, dan meyakinkan satu sama lain untuk berinvestasi lebih untuk pendidikan. Kita membutuhkan usaha yang luar biasa, tidak hanya pemerintah saja yang menjalankan, tetapi juga sektor mandiri, termasuk keluarga dan masyarakat untuk memastikan pencapaian tujuan kita dalam memajukan pendidikan,” pesan Mendikbud.   

 

Report Launch on International Commission on Financing Global Education Opportunity merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Oslo Summit tahun 2015 yang diselenggarakan oleh pemerintah Norwegia, bekerjasama dengan United Nations (UN) Special Envoy for Global Education, Gordong Brown. Penyelenggaraan kesepakatan tersebut bertujuan untuk memobilisasi dan merevitalilasi komitmen dunia internasional terhadap dunia pendidikan. 

 

Jakarta, 20 September 2016

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

#IGI

#Ikatan Guru Indonesia

#MRR

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here