Maslani, Guru Tanah Laut Penulis 1.556 Artikel di Blog IGI

0
314
Blog IGI adalah blog yang dibuat oleh IGI untuk memfasilitasi guru-guru yang suka menulis. Blog ini berafiliasi pula dengan website IGI. Tingginya minat guru-guru untuk mempublikasikan gagasan, ide, opini dan sebagainya, mendorong IGI untuk mengembangkan dan menyediakan wadah tersendiri selain web site resmi IGI. Di blog ini guru-guru dapat menulis dan memposting sendiri tulisannya setelah mendaftar dan memiliki akun, seperti halnya Kompasiana-nya Kompas.
Hingga hari Selasa, 12/03/2019, sudah terposting ada 6.635 tulisan di blog ini dengan 2.161 akun penulis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.556 tulisan ditulis dan diposting oleh Maslani, seorang guru dari Tanah Laut, Kalsel. Tulisan berbagai tema tersebut diposting-nya dalam kurun waktu 1,6 tahun sejak pertama dia mengenal blog IGI. Dari data akunnya terlihat dia mulai bergabung dan memposting tulisan pertamanya tanggal 12 Agustus 2017 silam. 
Dilihat dari segi jumlah, Maslani masih menjadi “Topskor” dalam tulis menulis di blog IGI ini. Selain Maslani masih banyak penulis lainnya yang juga produktif dalam hal menulis, seperti Juwita, Adi Suprayitno, Abdi Eka Tarigan dan lain-lain.

Maslani lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Kabupaten Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Dia menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988, dengan mengajar mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini dia bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel.

Maslani mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015 dia membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku “OPINI SANG GURU” (edisi pertama,2015) lalu buku ” OPINI SANG GURU “Edisi Kedua (2017). “Insyaallah akan dilanjutkan dengan buku “OPINI SANG GURU” edisi ketiga dan seterusnya”, paparnya.

Maslani bersama dengan guru-guru Kalsel lainnya yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016, dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku ” INOVASI PEMBELAJARAN’ yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. “Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis” ungkap Maslani.

Buku “INOVASI PEMBELAJARAN” berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, sudah diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama. Awal tahun 2018 juga sudah diterbitkan untuk edisi kedua. “Rencananya akan terus berlanjut hingga edisi ketiga, keempat dan seterusnya”, tuturnya.

Maslani berharap semoga buku ” INOVASI PEMBELAJARAN’ karya guru “Banua untuk Indonesia” tersebut akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya.

Comments

comments