Koordinator Pusat Kanal Pelatihan IGI, Founder Sagusavi masuk TOP 25 ASN Inspiratif Anugerah ASN Kemenpan RB 2021

0
864

“Kang Widi adalah sosok inspirator, bergerak dengan hati, penuh motivasi menggerakkan guru-guru meningkatkan kompetensi. Kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlasnya telah mengantarkan Kang Widi sebagai sosok agen perubahan yang adaptif, inovatif dan progresif” -Danang Hidayatullah, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Widi Astiyono, atau biasa disapa Kang Widi, Koordinator Pusat Kanal Pelatihan Ikatan Guru Indonesia yang juga Founder dari salah satu kanal IGI, Sagusavi. Guru SDN 2 Plososari Paten Kendal Jwa Tengah ini untuk ketiga kalinya masuk sebagai nominator ASN Inspiratif di gelaran Anugerah ASN Tahun 2021 dari Kementerian Pan dan RB. Tahun 2021 ini Kang Widi masuk dalam TOP 25 Kandidat ASN Inspiratif. Hal ini tentu menjadi kebaganggaan bagi Ikatan Guru Indonesia karena salah satu anggotanya yang juga sebagai pengurus mampu berprestasi di tingkat Nasional. Kang Widi masuk TOP 25 ASN Inspiratif setelah lolos seleksi tahap 1 dari 1.621 usulan se Indonesia.

Kang Widi mengawali karier sebagai guru sejak tahun 1999 sebagai guru tidak tetap atau guru wiyata bakti pada dua sekolah sekaligus yaitu SDN 2 Plososari Kecamatan Patean (tempat tugas saat ini) dan SMPN 1 Patean. Mengabdi sebagai guru wiyata bakti di SD waktu itu sama sekali tak ada honor. Hanya dari SMP saya mendapat honor sebesar Rp25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah). “Saya sempat mengalami keterpurukan ketika di tahun 2003 mengalami kecelakaan motor yang menyebabkan cacat pada kaki saya. Saya yang dulu gagah dan bisa bermain bola, suka dengan olahraga lari, jelajah alam, bisa panjat pohon, tiba-tiba menjadi cacat dan berjalan pincang. Selama delapan bulan saya harus berjalan menggunakan tongkat dan malu untuk ke luar rumah. Namun, saya merenung dan kemudian bangkit. Saya bangkit setelah merenungi kehidupan dengan penuh rasa syukur. Walau kaki saya cacat, namun secara fisik saya masih utuh. Saya masih punya kesempatan untuk terus belajar dan berbuat baik.” Cerita Kang Widi.

Singkat cerita, selama baru lima tahun menjadi guru, Kang Widi sudah mampu meraih prestasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah sebagai Peringkat 1 Guru Berprestasi dalam Bidang Pembuatan Bahan Ajar Berbantuan Komputer Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahu 2010 dan Peringkat 2 Lomba Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tingkat Jateng dan D.I. Yogyakarta Tahun 2010. Atas raihan tersebut Kang Widi Menerima Piagam dan Medali Penghargaan dari Bupati Kendal sebagai Insan Berprestasi dalam Bidang Pendidikan 2011.

Kang Widi aktif di IGI sejak tahun 2009, dan berpengalaman sebagai pengurus IGI mulai dari daerah, wilayah dan tingkat pusat. Sudah banyak karya yang dibuat oleh Kang Widi baik berupa buku, video klip maupun film pendek serta sebagai inisiator/founder Gerakan Nasional Satu Guru Satu Video Pembelajaran (SAGUSAVI). Tidak heran jika sejak tahun 2018 menjadi langganan nominator ASN Inspiratif. Tahun 2018 selain masuk sebagai 52 terbaik PNS Inspiratif, juga mendapat penghargaan Anugerah Bupati Kendal Award kategori Pegiat Pendidikan. Tahun 2019 selain kembali masuk sebagai 40 nominator terbaik PNS Inspiratif juga mendapat penghargaan Anugerah Guru Indonesia dari Ikatan Guru Indonesia dan merupakan Peringkat 1 Guru SD Berprestasi di Kabupaten Kendal.
Tidak berhenti sampai disini, di masa pandemic Kang Widi terus berkarya dan memberikan inspirasi kepada banyak guru di Indonesia untuk terus belajar, berkarya dan bergerak untuk peningkatan kualitas pendidikan Indonesia memperoleh Apresiasi sebagai Guru SD Inspiratif Tingkat Nasional dari Kemendikbudrintek RI tahun 2020.

Kang Widi yang saat ini juga sebagai Agen Penguatan Karakter, Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, riset dan teknologi Republik Indonesia yang terkenal dengan jargon “Salam Cerdas Berkarakter”. Sebagai salah satu kreativitasnya untuk memotivasi Sahabat Karakter Kang Widi menciptakan Lagu Mars Sahabat Karakter dan sebagai guru di Kabupaten Kendal yang memiliki slogan Guru Kendal Guru Handal, Kang Widi juga menciptakan lagu Mars Guru handal yang bisa di lihat di Channel Youtube beliau, Media Belajar Temanggung.

Yuk dukung Kangwidi dengan memberi komentar positif dan mention @kangwidi75,
klik: https://bit.ly/TOP-25-ASNInspiratif-2021

Semoga terus menjadi inspirasi bagi guru Indonesia dan lolos sebagai TOP 10 ASN Inspiratif Indonesia.

 

Comments

comments