KOLABORASI APIK SENI DAN SASTRA IKATAN GURU INDONESIA  (IGI) DAN DEWAN KESENIAN KABUPATEN  BARITO KUALA  SEPAKAT MENGANGKAT P3K

0
136

Marabahan, IGI.OR.ID- Hari Jadi Kabupaten Barito Kuala ke-63 menyajikan berbagai rangkaian acara dengan berbagai kegiatan menarik. Di awali dengan pembukaan Pasar Rakyat yang bertempat di Lapangan 5 Desember kota Marabahan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Pagelaran Seni dan Sastra  oleh Dewan Kesenian Kabupaten Barito Kuala  di panggung utama Pasar Rakyat, Rabu (11/01/2023).


Pagelaran Seni dan Sastra yang digelar oleh Dewan Kesenian Kabupaten Barito Kuala berkolaborasi  dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Kabupaten Barito Kuala berhasil memukau para tamu undangan dan penonton yang berhadir. Pagelaran kali ini  ini melibatkan bidang teater dan bidang sastra pada Dewan Kesenian Kabupaten Barito Kuala serta guru-guru yang tergabung pada Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Kabupaten Barito Kuala.

Mengadaptasi sebuah puisi dari salah satu pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Kabupaten Barito Kuala W.S. Dare berjudul Mencari Sila ke-5  menjadi plot atau alur cerita yang kemudian ditulis  menjadi sebuah skenario  teaterikal puisi berjudul Para Pelaku Pencari Keadilan (P3K). Digarap apik oleh kepala bidang Sastra Dewan Kesenian Kabupaten Barito Kuala Muhammad Amin Mustika Muda Ginting melibatkan aransemen musik dan tata lampu yang di pegang oleh Eddy Hartono.


Teaterikal puisi berjudul Para Pelaku Pencari Keadilan (P3K) berdurasi 22 menit. Berisikan pesan dan harapan seorang veteran pejuang  yang ingin mewariskan jiwa patriotisme dalam mencari keadilan bagi generasi muda. Pesan-pesan keadilan  tersampaikan melalui deklamator puisi Aliansyah Noor yang membacakan puisi Tanah Karya Wiji Thukul,  Musmulyadi membacakan puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia  karya W.S. Rendra  Ari Fitriana membacakan puisi Hai Kamu Karya W.S. Rendra, dan Nur Hamniah membacakan Puisi untuk Adik karya Wiji Thukul. Amanat teaterikal puisi berjudul Para Pelaku Pencari Keadilan (P3K)  terdapat pada lagu Indonesia Pusaka ciptaan Ismail Marzuki yang dinyanyikan penuh perasaan oleh Lia Anggia Puspita dengan bentangan bendera Merah Putih sebagai simbol persatuan.

Penampilan teaterikal puisi kali ini di hadiri Pj Ketua TP. PKK Kabupaten Barito Kuala Ny. Suharyati Mujiyat, Pengurus Pusat   Ikatan Guru Indonesia (IGI) Desy Hairina di dampingi Bukhari Muslim Ketua Daerah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Barito Kuala beserta tamu undangan lain.

Kolaborasi antara Dewan Kesenian dan rekan-rekan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Barito Kuala diharapkan terus berlanjut. Hal ini disampaikan langsung oleh ketua Dewan Kesenian Kabupaten Barito Kuala Muhammad Aserani atau yang akrab disapa dengan Bajau Malela kepada  para pemain teaterikal dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Kabupaten Barito Kuala.

Senada dengan hal tersebut bendahara  Pusat Riset  Ikatan Guru Indonesia (IGI) Desy Hairina  mengapresiasi kegiatan  kolaborasi yang dilakukan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Kabupaten Barito Kuala dan sangat mengharapkan dapat diikuti oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah kabupaten/kota yang lain.

Mengakhiri kegiatan Pagelaran Seni dan Sastra yang digelar oleh Dewan Kesenian Kabupaten Barito Kuala berkolaborasi  dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Kabupaten Barito dengan melakukan sesi foto bersama dan video testimoni bersama ucapan Selamat Hari Jadi Kabupaten Barito Kuala ke-63 Dewan Kesenian Yes, Barito Kuala Bisa!.

Comments

comments