IGI Tolitoli Suskses Pikat Kemendikbud Ristek Melalui POP

0
360

Tolitoli, IGI.OR.ID- Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Tolitoli sukses pikat Kemendikbud-Ristek melalui kegiatan in service Program Organisasi Penggerak (POP) yang belum lama ini digelar.

Pasalnya kegiatan tersebut menurut ketua IGI Tolitoli Arun Hariyanto dibiayai oleh Kemendikbud Ristek, dimana fokus IGI terhadap peningkatan kompotensi guru dan kepala sekolah pendukung kurikulum merdeka belajar.

“Alhamdulillah kegiatan POP ini Kami mendapat kepercayaan dari Kemendikbud Ristek berupa pembiayaan serta support dari sponsor brand elektronik ternama sehingga kegiatan ini dapat terselenggara” kata Arun (13/3/2023).

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan guru dan kepala sekolah dalam hal kompetensi sebagai tindak lanjut dari berbagai pelatihan yang berkelanjutan dianggap telah berhasil dilakukan.

Hal itu dapat dilihat dari jumlah peserta yang dilatih mencapai angka fantastis yakni 5.000 orang yang terdiri dari guru dan sejumlah kepala sekolah dalam kurun waktu 5 tahun terahir dengan kata lain sejak berdirinya IGI di Tolitoli tahun 2018 lalu.

“Tahun berdirinya IGI itu tahun 2009 dan IGI Tolitoli terbentuk tahun 2018, selama ini yang kami latih sudah capai 5000 orang khususnya pelatihan soal IT, inovasi pembelajaran serta penilaian” ujar ketua IGI Tolitoli.

Secara khusus Arun menyebutkan, implementasi POP akan diukur pada hasil ANBK tahun mendatang dengan indikator penilaian nilai raport siswa-siswi yang diharapkan dari merah berubah menjadi hijau dan biru serta peningkatan kualitasi pendidikan di Tolitoli yang lebih baik.

Hal senda juga dikatakan oleh pengurus POP IGI pusat Rudi Novianto, dimana saat ini IGI Tolitoli dinobatkan sebagai pengurus organisasi yang paling aktif di Sulawesi Tengah dengan memiliki 800 anggota saat ini dinilai mampu membawa visi-misi IGI.

“Kita melihat IGI Tolitoli ini yang paling aktif di daerah, tercatat memiliki anggota terbanyak di Sulteng sekitar 800 orang, dan setiap mereka (IGI Tolitoli,red) melakukan kegiatan itu aktif melakukan pelaporan atau koordinasi ke kami dan ketika saya berada di Tolitoli luar biasa antusias serta minat peserta” ungkap Rudi.

Tidak sampai disitu lanjut Rudi, prospek pelatihan yang dilakukan IGI Tolitoli dianggap naik dari tahun ke tahun, sehingga komitmen IGI pusat yang menjadi nawa cita adalah peningkatan mutu dan kompetensi guru khususnya di Sulteng dapat seirama dengan kualitas pendidikan yang berada di pulau jawa dan pulau besar lainnya di Indonesia.

Bupati yang diwakili oleh asisten III Setkab Tolitoli Usman Taba yang juga sebagai Plt Dinas Pendidikan setempat mengatakan, pihaknya mendukung langkah strategis IGI Tolitoli dalam peningkatan kualitas pendidikan di Tolitoli dengan support anggaran yang telah dilakukan kepada sejumlah organisasi profesi guru dan akan memprogramkan kembali beberapa kegiatan penunjang diwaktu mendatang sesuai mandatory pemerintah pusat.

Anggota DPRD Tolilitoli selaku komisi I, Nyoman mengaskan harus mengawal serta memperjuangkan amanat UU terkait alokasi anggaran untuk pendidikan sebasar 20%, agar baik IGI maupun organisasi lainnya menjadi instrumen penting guna peningkatan penidikan di kota yang dijuluki penghasil cengkeh itu. (Ary)

Comments

comments