IGI targetkan satu juta Guru terlatih literasi, mungkinkah?

0
905

ayah-totSejak pertama kali dirintis pada tahun 2006 hingga resmi menjadi organisasi guru yang diakui pemerintah melaui surat keputusan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia pada tanggal 26 November 2009. Ikatan Guru Indonesia (IGI) telah berkomitmen untuk memfokuskan kegiatannya pada upaya peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru.

Komitmen itu ditunjukkan dalam kegiatan
dan upaya yang dilakukan, salah satu kegiatan yang kini sedang dijalankan adalah program “satu juta guru terlatih literasi produktif berbasis IT”, yang akan dicapai dalam waktu 5 tahun mulai tahun 2016 sampai dengan tahun 2021. Angka satu juta tentu bukan jumlah yang sedikit, diperlukan perencanaan yang matang, kerja keras dan kerja cerdas untuk mewujudkannya.

Penyiapan SDM

Salah satu upaya untuk mencapai target itu adalah dengan melaksanakan kegiatan pelatihan secara massive dan kontinyu di seluruh Kabupatan/Kota. Kegiatan juga harus didukung Sumber Daya Manusia (SDM) handal yang akan menjadi narasumber pelatihan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia ( PP IGI) telah mengumpulkan 150 orang guru hebat dari seluruh Indonesia yang direkrut melalui jalur seleksi, jalur mandiri dan para pengurus pusat untuk mengikuti Training of Trainer (ToT) literasi produktif berbasis IT yang dilaksanakan pada tanggal 6-9 Okrober 2016 bertempat di LPMP Jawa Timur.

Pasca ToT Jawa Timur, PP IGI selanjutnya akan melakukan ToT gelombang 2 yang dilaksanakan setiap bulan sampai delapan bulan kedepan, ToT dilaksnakan di dua tempat yakni kantor pusat PT. Samsung Elektronik Indonesia di Jakarta dan Learning Centre Samsung di Kota Makassar dengan kapasitas masing-masing tempat sebanyak 50 orang. Dengan kegiatan ini diharapkan kebutuhan akan tenaga pelatih yang akan diterjunkan seluruh wilayah Indonesia dapat terpenuhi.

Pencapaian Target

Sejak awal peluncuran program telah dicanangkan skema kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan, dengan tersedianya SDM handal yang siap berbagi pengetahuannya, setiap  pekan setidaknya akan dilaksanakan kegiatan pelatihan minimal di 50 tempat yang akan disebar di 34 provinsi, jika masing-masing tempat jumlah pesertanya kita rata-ratakan 100 orang peserta, maka setiap minggu akan ada 5000 guru yang mengikuti pelatihan, ini berarti setiap bulannya, kegiatan pelatihan akan menjangkau 20.000 orang guru. Jika dalam satu tahun ada 10 bulan efektif untuk melaksanakan kegiatan, maka jumlah guru yang terlatih mencapai 200.000 orang pertahun. Dengan kalkulasi tersebut, target satu juta guru terlatih literasi produktif dalam lima tahun bukan sesuatu yang mustahil, kalkulasi tersebut tentu bukan sesuatu yang berlebihan karena fakta dilapangan yang selama ini sering terjadi di kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan IGI, jumlah pesertanya seringkali melebihi kuota yang ditergetkan panitia, bahkan melebihi kapasitas gedung yang tersedia.

Semoga Allah SWT meridhoi dan memudahkan ikhtiar ini sebagai sumbangsih kita dalam upaya peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru di Indonenesia. Terima kasih PT. Samsung Elektronik Indonesia yang telah menjadi sponsor utama kegiatan ini, terima kasih Dirjen GTK Kemendikbud RI dan Garuda Indonesia yang telah menerbangkan 40 orang peserta menggunakan Garuda Miles, terima kasih Kepala LPMP Jawa Timur yang telah memberikan fasilitas wah, terima kasih untuk teman-teman IGI Jatim dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan luar biasa ini.

 

Bekasi, 13 November 2016

Dahli Ahmad

Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan – PP IGI

 

Comments

comments

BAGIKAN
Artikulli paraprakIGI:  KAMPUNGNYA PARA JAWARA LITERASI BERBASIS IT
Artikulli tjetërKETAGIHAN TOT
Guru MTs. Attaqwa 03 Bekasi - Dosen STAI Attaqwa Bekasi - Fasilitator Daerah USAID Prioritas Kab. Bekasi - Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan PP IGI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here