IGI SIAPKAN TRAINER LITERASI, KOMPETENSIKU MAKIN BERTAMBAH

0
760

IGI SIAPKAN TRAINER LITERASI, KOMPETENSIKU MAKIN BERTAMBAH
Oleh: Bambang Setiawan (IGI Kota Bima)

Surabaya, menjadi saksi eksistensi IGI dalam menyiapkan guru-guru terlatih berliterasi. Kegiatan ToT Literasi Produktif Berbasis IT digelar oleh IGI yang bekerjasama dengan PT Samsung Indonesia, kegiatan yang dilaksanakan di Gedung LPMP Jawa Timur ini diikuti oleh 150 Peserta dari seluruh Indonesia. Melalui kegiatan ini ke depannya diharapkan akan terjadi transfer pengetahuan dalam meningkatkan kemempuan berliterasi guru-guru di Indonesia.
Kegiatan ini dihelat dari tanggal 6 – 9 oktober 2016 ini didukung pula oleh SEAMOLEC, dalam paparannya direktur Seamolec menuturkan bahawa bentuk kegiatan seperti ini dapat dikembangkan melalui berbagai pola diantaranya bisa memanfaatkan teknologi vicom seperti yang selama ini telah dikembangkan oleh Seamolec, sehingga keterbatasan waktu dan jarak dapat diminimalisir. Direktur Seamolec pun berharap agar IGI dapat menjadi pelopor untuk berbagai kegiatan seperti ini.

Kegiatan ToT ini, pengalam tersendiri yang dirasakan untuk pertama kalinya kegiatan pelatihan tampa menggunakan labtop, semua peserta memanfaatkan Tablet Samsung A8 dengan segala kelebihannya. Di samping itu, untuk pertama kalinya pula dalam kegiatan pelatihan pesertanya terlihat sangat antusias untuk mengikuti setiap rangkaian materi, hal ini dapat dilihat dari semangat peserta tanpa mengenal lelah untuk mengikuti rangkaian kegiatan, walaupun harus sampai malam (tidak jarang kegiatan sampai jam 23.30). Menurut pengamatan, semangat yang diperlihatkan oleh peserta dikarenakan kegiatannya yang tidak membosankan, peserta asik untuk mengutak Tablet masing-masing, tutorial yang disampaikan menjadi semakin asik dikala peserta secara langsung mengaplikasikannya secara terbimbing, ditambah lagi dengan tampilan pemateri yang selalu full power.
Selama pelaksanaan ToT ini, secara pribadi merasakan adanya wawasan dan pengetahuan baru dalam berliterasi. Pengalam tersebut dimulai dengan pengoptimalan penggunaan tablet A8 untuk pembelajaran, seperti media presentasi tanpa kabel, media menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga. Selain itu dalam kegiatan ini peserta diperkenalkan dengan teknik pembuatan blog dan web untuk media publikasi karya guru, teknik penulisan karya tulis ilmiah, teknik penulisan buku, teknik pembuatan media pembelajaran melaui komik dan androit. Berbagai kegiatan tersebut, dalam ToT ini dibagi pada beberapa kelas, yaitu kelas sagusablog (satu guru satu blog), kelas sagusakti (satu guru satu KTI), kelas sagusanov (satu guru satu inovasi), kelas sagusaku (satu guru satu buku), serta kelas animasi komik pembelajaran. Beberapa montor terlatih disiapkan oleh IGI untuk melatih calon trainer baru, yaitu Abdul Karim, Slamet Riyanto, Abdul Kholiq, Mampuono, Joko Wahyono, Elyas, dan yang lainnya.

Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan keberadaan IGI di kalangan guru menjadi sesuatu yang didambakan. Majulah Guru Indonesia bersama IGI yang makin Jaya…

Comments

comments

BAGIKAN
Artikulli paraprakOktober Ceria Bersama IGI Kabupaten Aceh Utara
Artikulli tjetërTOT Surabaya is the Best
Guru di Kalimantan Selatan, saat ini menjabat sebagai Wakil Sekjen Bidang Literasi dan Publikasi Karya Guru

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here