IGI Kalsel Beri Materi Simulasi RPP Dalam Sosialisasi Masalah Kependudukan Pada Harganas XXVI di Banjarmasin

0
86

Sebagai bagian dari rangkaian Perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI di Banjarmasin, BKKBN Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Sosialisasi dan Orientasi Pendidikan Kependudukan Bagi Pengelola Program dan Guru. Dalam kegiatan ini, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kalsel ikut terlibat dalam memberikan materi tentang internalisasi masalah kependudukan dalam RPP guru.

Kegiatan yang digelar tanggal 3 Juli 2019 ini dibuka oleh Deputi BKKBN pusat. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan bahwa sebanyak 52 persen angkatan kerja kita saat ini adalah tamatan SD dan tidak tamat SD. “Kalau ditarik ke belakang, berarti pada 25 tahun yang lalu rata-rata tiap keluarga mempunyai 5 s.d. 6 anak. Akibatnya adalah kualitas SDM menjadi rendah, karena beban keluarga itu lebih besar” ungkapnya.

“Perlu adanya intervensi agar masyarakat sadar akan masalah kependudukan. Selain media massa, sumber informasi yg paling banyak dipakai adalah dari guru dan tokoh masyarakat/adat. Karena itu para guru perlu dibekali dengan pengetahuan kependudukan dan bisa menyisipkannya dalam pembelajarannya di kelas,” terangnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula BKKBN prov. Kalsel ini diisi dengan sosialisasi masalah kependudukan oleh Ahmad Taufik, S.Kom, M.Ap. dan Simulasi pembuatan RPP Guru oleh IGI Kalsel.

 

 

 

Selanjutnya juga akan ada pencanangan sekolah siaga kependudukan di SMKN 4 Banjarmasin. Sekolah-sekolah ini nantinya akan mengintegrasikan pengetahuan masalah kependudukan dalam pelajaran.

Ref./Foto: Ahyani

Comments

comments