IGI Gelar Kegiatan Analisis Data, Validasi Dampak POP 2023

0
548

Malang, IGI.OR.ID- Analisis data Program Organisasi Penggerak Ikatan Guru Indonesia (POP IGI) Tingkat SMP dan SD Tahun 2023 sukses digelar selama tiga hari pada tanggal 26-28 Mei bertempat di HARRIS Hotel & Conventions Malang. Minggu [28/5/2023].

Pembukaan kegiatan Analisis Data di awali dengan pembacaan doa oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) 1 PP IGI, Muliadin Harahap. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Wilayah IGI Jawa Timur (Ketwil Jatim) yang diwakili oleh Sekretaris Wilayah (Sekwil) IGI Jatim, Fahim Aftoni dalam sambutannya mengucapkan selamat datang pada seluruh peserta dan berharap kegiatan Analisis data berlangsung lancar dan sukses.

Sambutan Sekwil IGI Jatim

Selanjutnya Ketum IGI, Danang Hidayatullah dalam sambutannya memberikan apresiasi pada Pengurus Wilayah IGI Jatim dan Pengurus IGI Kabupaten/Kota Malang. Ketum menyampaikan “hasil praktik baik dari peserta Guru Sasaran terpilih dan data hasil riset POP IGI ditunggu oleh Kemendikbudristek”, jelas Danang Hidayatullah di akhir sambutan sekaligus membuka kegiatan Analisis Data POP IGI 2023.

Hadir membawakan materi Ketua Dewan Pembina (KDT) PP IGI, Dr. Marjuki dengan tema Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data. Hadir pula Dosen Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Muhammad Hamid Anwar sebagai narasumber ke dua dengan tema Best Practice (Praktik Baik).

Diskusi team perumus best practice

“Pembelajaran efektif yang berpusat pada siswa menuntut guru lebih kreatif dan inovatif, guru yang memiliki sikap, komitmen yang cukup tinggi dan pengalaman praktik baik dalam memajukan diri sendiri, siswa-siswa maupun institusi tempat ia mengajar,” demikian simpulan paparan materi mengawali kegiatan Analisis Data.

Diskusi team steering committee (SC) Rakornas IGI 2023

Berlangsung pula diskusi oleh team kecil membahas rumusan dan teknis best practice yang akan ditampilkan secara Nasional oleh peserta Guru Sasaran terbaik yang telah diseleksi pada 35 Wilayah Sasaran sebagai guru model yang menjadi inspirator melalui berbagi praktik baiknya. Sekaligus pertemuan team steering committee (SC) Rakornas IGI dalam finalisasi penyusunan draft agenda Rakor yang akan dilaksanakan di Ambon 2023.

Presentasi Hasil Analisis Data oleh Team Riset IGI

Kegiatan Analisis data dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dampak POP IGI bagi Guru dan Kepala Sekolah Sasaran. Kegiatan ini diikuti full luring mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB oleh Pengurus Pusat (PP) IGI, Pengurus Wilayah (PW) IGI DKI, PW IGI Maluku, PW IGI Jatim, dan Pengurus Daerah (PD) Kabupaten/Kota Malang dengan penuh semangat dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab IGI sebagai Organisasi Penggerak. [KRH]

Comments

comments