IGI DKI Jakarta Gelar Training of Trainer (TOT) Virtual Reality (VR)

0
970

DKI, IGI – Ikatan Guru Indonesia wilayah DKI Jakarta menggelar Training of Trainer (TOT) Virtual Reality (VR) bersama SHINTA VR dan Millealab.

Bertempat di hotel Harris, Sentul, sebanyak 30 orang peserta terdiri dari Learning Fasilitator STST Program, Pengurus wilayah, Ketua- ketua Daerah IGI DKI Jakkarta, Pengurus Daerah dan undangan dari PP IGI, IGI wilayah Bogor, IGI Sukabumi, IGI wilayah tangerang dan Banten, selama dua hari disuguhi materi – materi yang luar biasa keren dan mengasyikkan.

Hadir pula dalam kegiatan TOT VR ini, Iwan Ridwan, selaku ketua IGI wilayah DKI Jakarta. Dalam sambutannya beliau mengatakan output dari kegiatan TOT VR ini adalah guru-guru mampu menjawab tantangan era digital dengan inovasi dan kreativitas. Salah satunya adalah membuat konten pembelajaran berbasis Virtual Reality(VR), diharapkan siswa tidak hanya bermain tetapi dapat bermain dengan belajar atau sebaliknya belajar dengan bermain sehingga pembelajaran menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi setiap peserta didik.

Dengan memanfaatkan aplikasi Millealab, peserta dilatih untuk membuat konten pembelajaran berbasis VR dengan mudah, cepat dan murah. Mudah karena dapat langsung membuat tanpa perlu coding atau bahasa pemograman yang sulit, tidak memerlukan waktu yang lama untuk memahaminya dan murah karena tidak memerlukan laptop atau komputer yang canggih utk dapat membuat konten tersebut.

Kegiatan TOT ini menghadirkan Andes Rizky, selaku Ceo Founder SHINTA VR sekaligus Managing Director Millealab dan juga ketua Asosiasi VR Indonesia (INVRA). Visi Millealab adalah membangun dan mengkoneksikan seluruh jaringan pendidikan di Indonesia dengan teknologi VR. Hal ini sejalan dengan visi IGI DKI Jakarta yang berusaha untuk terus meningkatkan kompetensi para guru. Andes tidak sendirian, namun didampingi dengan TIM hebat, yang selalu siap membimbing dan menjawab pertanyaan – pertanyaan para peserta.

Dengan menggunakan teknologi VR ini diharapkan guru-guru dapat mengimbangi Generasi Zillenial di abad 21 ini. Dengan tekhnologi VR ini guru dapat merancang sebuah konten pembelajaran yang dapat mentransfer tidak hanya teori dari suatu materi tetapi juga mentransfer imajinasi pembelajaran tersebut kepada setiap peserta didik,dan dapat meningkatkan rasa ingin tau dan konsentrasi peserta didik sehingga pembelajaran tersebut menjadi jauh lebih bermakna dalam kehidupan peserta didik, Ungkap Andes dalam paparannya tentang manfaat VR.

Kegiatan TOT VR ini di gelar selama 2 hari, sabtu dan minggu tanggal 29 Februari dan 1 Maret 2020, diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh peserta dibuktikan dengan enggannya peserta keluar ruangan disetiap sesinya. Hari pertama, yang diagendakan selesai pada pukul 18.00 namun tidak terasa baru usai sekitar pukul 19.00. Dan setelah makan malam hingga larut malam, peserta masih lanjut mengerjakan tugas kelompok untuk menghasilkan konten pembelajaran yang menarik yang akan dipersentasikan dihari berikutnya.

Dua hari yang menyenangkan belajar VR bersama IGI DKI dan Millealab banyak menambah pengetahuan dan pengalaman baru, demikian testimoni sebagian besar peserta pada kegiatan TOT ini. Tentu saja, kegiatan ini tidak akan berhenti sampai disini. Akan ada sesi selanjutnya bagi para trainer sehingga mereka siap diterjunkan ke sekolah -sekolah tidak hanya di Jakarta tetapi juga di seluruh Indonesia. IGI DKI akan terus menularkan virus Virtual Reality (VR) ini, sejalan dengan motto IGI; Sharing and Growing Together.

Nah…Apakah sekolah bpk/ibu ingin mendapatkan pelatihan Virtual Reality (VR) ini?
Para trainer IGI DKI Insya Allah siap berbagi…

Penulis: Tuti Trisnowati, 2 Maret 2020

Comments

comments