HUT ke-12, IGI Wilayah Kalteng dan Palangka Raya Gelar Webinar

0
239

Palangka Raya, IGI.OR.ID-  Bulan Oktober menjadi momentum yang membahagiakan bagi IGI (Ikatan Guru Indonesia) Kalimantan Tengah. Bulan Oktober ini IGI Kalimantan Tengah dan IGI Kota Palangka Raya genap berusia 11 Tahun, Sedangkan IGI Pusat genap berusia ke 12 Tahun di bulan November 2021 nanti. Dilatarbelakangi hal tersebut, Maka IGI Kalimantan Tengah dan IGI kota Palangka Raya berkolaborasi menyelenggarakan Webinar dengan tema “Guru Kompeten dan Sejahtera, Warga Kota Bahagia.” Daring dilaksanakan secara Virtual zoom meeting, sedangkan Luringnya dilaksanakan di aula dinas DP3APPKB Komplek perkantoran Pemerintah Kota Palangka Raya Jalan Ir. Soekarno. Sabtu (30/10/2021).

Ketua panitia Suprayitno S.AN.,M.A.P menyebutkan bahwa peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ada ratusan peserta yang ikut webinar melalui virtual zoom meeting ini, tidak hanya dari Kalimantan Tengah namun juga peserta yang mendaftar dari berbagai wilayah di Pulau Jawa, Sumatera, dan Nusa Tenggara.

Adapun narasumber yang diundang untuk mengisi webinar ini adalah Dr. Agustin Teras Narang, SH.,MH (Anggota DPD RI Perwakilan Kalteng), Dr. Andrie Elia, SE.,M.Si (Rektor Universitas Palangka Raya), Fairid Naparin, SE (Walikota Palangka Raya, yang di sesi webinar diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya).

Dr. Aprianto, M.Pd

Ketua IGI Kalimantan Tengah Dr. Aprianto, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan tujuan webinar adalah untuk mempererat tali silaturahmi guru di Kota Palangka Raya, sinergisitas program kerja IGI dengan program kerja Pemerintah Daerah, serta penguatkan kompetensi guru melalui penguatan karakter guru.
Pengurus IGI Wilayah Kalteng terbentuk pada Oktober 2010 dan hingga tahun 2021, dengan kepengurusan IGI daerah di 8 Kabupaten dan 1 kota, total jumlah anggota 4.130 orang yang telah memiliki Nomor Tanda Anggota (NTA).

“Komposisi pengurus IGI Wilayah Kalteng tahun 2021- 2026, terdiri dari berbagai latar belakang profesi dan kompetensi yang mumpuni. IGI Wilayah Kalteng terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia pada umumnya dan Kalteng pada khususnya,” kata Aprianto.

Dia melanjutkan, sebagai bentuk kontribusi nyata dalam mewujudkan komitmen tersebut, IGI Wilayah Kalteng telah melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya pelatihan SAGUPASI (Satu Guru Paham Pendidikan Inklusi), Pelatihan SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku), Pelatihan SAGUSAMIK (Satu Guru Satu Komik Pembelajaran), dan Pelatihan SAGUSOFT (Satu Guru Satu Microsof Office 365).

Selain itu, dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut, IGI Wilayah Kalteng telah didukung oleh berbagai pihak seperti perusahaan-perusahaan perkebunan dan pertambangan di Kalteng, selain donatur-donatur perorangan.

“Kepengurusan IGI Wilayah Kalteng saat ini juga berkomitmen untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan semua unsur stakeholder dalam rangka memajukan pendidikan di Kalteng. Komitmen ini tercantum secara lugas dalam visi- misi IGI Wilayah Kalteng Tahun 2021-2026 yakni “Pendidikan Kalimantan Tengah yang Adaptif dengan Keterampilan Abad 21”, jelas dia.

Aprianto menambahkan, melihat kondisi bidang pendidikan akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, maka pihaknya juga membantu berbagai program telah dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Pemerintah Provinsi Kalteng untuk mengatasi dampak pandemi covid-19 dalam bidang pendidikan.

Di akhir sambutannya, Ketua IGI mengajak guru di Kalimantan Tengah dimanapun berada untuk bergabung dan sama-sama meningkatkan kompetensinya bersama IGI Kalimantan Tengah.

Pendaftaran menjadi anggota IGI Kalimantan tengah dapat dilakukan di:  https://anggota.igi.or.id

Comments

comments