Demi Ciptakan SDM Unggul dan Guru yang Berkualitas IGI Kabupaten Bengkayang Jalin Kerjasama Dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang

0
186

Bengkayang, IGI.OR.ID- Hari ini Kamis, 4 Nopember 2021 Ketua IGI Kabupaten Bengkayang ditemani Ketua IGI Kota Singkawang disambut hangat oleh Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bengkayang yakni Bapak Drs. Pinus Syamsudin, M. Si. Didampingi Ibu Lidyana Koni, S. Pd dan Kasi Tendik Bapak Alexander Budi Tri Hartanto,S.S .M Pd dalam rangka audensi dan menyambung silaturahmi.

Tepat pukul 13.30 WIB kegiatan dimulai. Suandi, S.Pd memaparkan sejarah IGI berdiri, visi, misi, AD ART, Dasar Hukum dan program kerja 4 tahun ke depan. Dalam sambutannya Ketua IGI Kab. Bengkayang menceritakan bagaimana awal berdirinya IGI di Bengkayang dan kontribusi IGI dalam memajukan dunia pendidikan. Program jangka panjang yang dipaparkan adalah bagaimana mengembangkan 6 literasi yang sedang digaungkan oleh Mas Menteri . 6 literasi tersebut adalah literasi baca tulis, literasi numerasi. literasi sains, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan dan literasi digital. Sejak tahun 2018 IGI Bengkayang sudah mengadakan dan mengembangkan workhop lliterasi digital dengan mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran video presentasi dan lembar penilaian android. Selain itu pada tahun 2019 sebelum virus corona melanda IGI Kab. Bengkayang telah mengadakan pembuatan video animasi dan komik pembelajaran yang ikuti 80 guru baik PNS maupun Non PNS.

Ketika mempresentasikan Suandi, S Pd membawa print out komik pembelajaran dan hasil workshop video dua tahun yang lalu. Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat senang dan memberikan apresiasi terhadap apa yang telah dibuat IGI. Beliau menyarankan guru-guru di Bengkayang bisa berkarya membuat komik dan video pembelajaran yang nantinya akan membantu siswa mudah memahami pelajaran. Tujuannya ada timbal balik atau suasana pembelajaran tidak satu arah.

Pak Alkindi, S. Pd yang merupakan Ketua IGI Kota Singkawang menambahkan bahwa IGI telah merancang kegiatan berbasis digital di Kota Singkawang yang nanti akan bisa diterapkan di Bengkayang. IGI Kota Singkawang merangkul dan bahu membahu membangun pendidikan di Kota Singkawang.Ada kerja sama dan koordinasi yang baik demi sebuah kemajuan. Salah satunya bagaimana membuat perpustakaan digital. Caranya gampang hanya punya kode barkod dan HP android. Selain itu bagi guru yang gaptek bisa menggunakan speecnote untuk menulis. Hasilnya bisa diedit tanpa capek mengetik. Kemajuan teknologi sekarang banyak membantu guru, asalkan saja guru mau belajar,imbuhnya.

Diakhir acara ditutup dengan foto bersama dan pemberian buku oleh ketua IGI Kab. Bengkayang. Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayan berharap kegiatan yang dirancang IGI nanti bisa disenergikan dengan program dinas pendidikan. Kedepan katanya guru guru bisa mudah naik pangkat dan bisa mengembarkan diri. Guru selalu berinovasi dan terus berkembang. Beliau berharap juga kualitas pendidikan Bengkayang jangan sampai stagnan dan guru jangan berhenti belajar sehingga nanti bisa tertinggal oleh peserta didik dalam penguasaan IT.
Program yang ditawarkan IGI ternyata sejalan dengan visi misi Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kab. Bengkayang. Harapan ke depan SDM Unggul yang digaungkan Bupati Bengkayang akan terwujud. Jayalah Pendidikan di Bumi Sebalo. Salam Sharing and Growing Together.

Bengkayang, 4 Nopember 2021
Suandi, S. Pd Ketua IGI Kab. Bengkayang

Comments

comments