GELAR SEMINAR DAN RAKERWIL, IGI JATIM LUNCURKAN FORM ADUAN ONLINE GURU

0
360
Prosesi Pelantikan Pengurus Wilayah IGI Jawa Timur di Pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan (5/6/2021)

MAGETAN, IGI.OR.ID- Pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan tampak membiru. Puluhan guru berseragam batik IGI dari perwakilan tiga puluh delapan Kabupaten dan Kota di Jawa Timur menghadiri kegiatan Seminar dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil)Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Jawa Timur dengan tema”Sinergi IGI Jawa Timur untuk Indonesia Maju”, Sabtu (5/6). Gubernur Jawa Timur, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kepala BKKBN, Bupati Magetan, dan elemen lain mensupport IGI Jatim untuk terus bergerak dan memberi kemaslahatan untuk kemajuan pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dan dihadiri oleh seluruh Pengurus Wilayah IGI Jatim dan Ketua Daerah IGI se-Jatim, Dewan Pembina, dan Dewan Kehormatan IGI Jawa Timur.  Hadir pula Ketua Dewan Pembina PP IGI – Dr.Marjuki, M.Pd., Ketua Umum PP IGI- Danang Hidayatullah, dan Sekjen PP IGI – Hibatun Wafiroh.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. H. Wahid Wahyudi, M.T.mewakili Gubernur Jawa Timur menyampaikan selamat atas pelantikan Pengurus Wilayah IGI Jawa Timur. Dalam sambutannya, Wahid berharap guru-guru dapat terus membuka diri terhadap perubahan.

“Agar bisa membuka diri terhadap perubahan, maka guru hendaknya menguasai tiga tingkatan. Tingkatan pertama, guru sebagai pengajar. Tingkatan kedua, guru sebagai mentor, dalam hal ini, guru berperan sebagai pendamping siswa, memfasilitasi siswa. Sedangkan tingkatan ketiga, guru sebagai adviser bagi siswa yakni memberi motivasi agar siswa dapat berkembang sesuai potensi yang dimiliki,” ungkapnya.

Tiga hal di atas disampaikan secara virtual di hadapan tamu undangan yang hadir di Pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan. Dalam acara yang ditayangkan langsung di channel Youtube IGI Jawa Timur.

Bupati Magetan, Dr. Drs. Suprawoto SH., M.Si menyatakan senang dengan adanya kegiatan ini. Beliau berharap IGI dapat bersinergi dengan siapapun, termasuk orprof yang lain. Bupati berpesan kepada para guru untuk terus meningkatkan kemampuan literasinya dan merawat cita-cita para peserta didiknya. Dalam hal ini Bupati telah memberi contoh kepada masyarakat dengan aktif menulis. Selain menulis beberapa buku, beliau menjadi penulis aktif di Majalah Panjebar Semangat.

“Guru harus menulis buku. Di Magetan ini, setiap sekolah wajib menghasilkan buku, setiap kecamatan juga demikian. Bahkan para veteran pun saya ajak menulis. Jadi, menulislah agar dapat menginspirasi, “pesannya.

Bupati Magetan, Dr. Drs, Suprawoto, SH., M.Si saat memberikan sambutan (Sabtu, 05/06/2021)

Dalam kesempatan ini, Pengurus Wilayah IGI Jawa Timur dilantik dan dikukuhkan oleh Sekjen IGI, Hibatun Wafiroh. Setelah pelantikan, Ketua IGI Jawa Timur menandatangani MoU dengan Kepala BKKBN dan meluncurkan Form Aduan Online Guru untuk membantu guru-guru di Jawa Timur menyampaikan permasalahan yang dihadapi mereka. Adanya Form Aduan Online ini merupakan salah satu upaya Bidang Advokasi dan Regulasi IGI Jawa Timur untuk melayani para guru.

Ketua Wilayah IGI Provinsi Jawa Timur, Sukari, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa IGI sebagai organisasi guru yang mandiri terus bergerak dan berkomitmen dalam mengembangkan kompetensi guru dengan prinsip sharing and growing together.

Ketua Umum, Danang Hidayatullah saat memberikan motivasi dan arahan kepada peserta Rakerwil IGI Jawa Timur (05/06/2021)

 

Sementara itu Ketua Umum IGI, Danang Hidayatullah menyampaikan motivasi dan arahan dalam kegiatan rakerwil. Danang berharap IGI Jawa Timur terus bergerak dan bersinergi dengan berbagai pihak.

“Bukan seberapa besar atau seberapa pandai kita dalam bergerak. Tetapi penting bagi kita memiliki kepercayaan diri untuk terus bergerak. Teruslah bergerak dan bersinergi dengan siapapun juga dalam peningkatan kompetensi guru, ”pesannya.[Wf]

 

Comments

comments