AUDIENSI GUBERNUR JAKARTA ANIES BASWEDAN – Sebuah Bukti Nyata Kepemimpinan Transformasional

0
1365

Kamis [18 Maret 2021], rombongan Pengurus Pusat IGI bersama rekan pengurus IGI DKI Jakarta melaksanakan audiensi dengan Bapak Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan. Kegiatan ini merupakan rangkaian audiensi yang dilakukan oleh kepengurusan baru IGI PUSAT, dibawah kepemimpinan Danang Hidayatullah.

Kepemimpinan Danang Hidayatullah menunjukan kesungguhan akan implementasi visi dan misi serta program IGI ke depan, beliau mampu mengkomunikasikan harapan dan impian IGI kepada pihak terkait sekaligus para pemimpin di jajaran pemerintahan. Proyeksi ini penting adanya untuk mengukuhkan legitimasi keberadaan IGI di negeri ini. Sepak terjang dan program aksi perlu dikomunikasikan secara serius, agar mendapatkan perhatian dan dukungan hangat dari berbagai pihak .

Pemimpin transformasional tentunya tidak akan bekerja sendiri, dengan kearifannya akan mengangkat dan memberdayakan seluruh elemen ikut bergerak lewat aksi yang dicanangkan. Fokus utama Ketua Umum IGI kali ini adalah menyukseskan RAKERNAS IGI di Bengkulu. Lewat Audiensi ini diharapkan Bapak Anies Baswedan dapat memberikan Sambutan Pembukaan pada RAKERNAS di bulan April mendatang.

Rombongan yang terdiri dari 13 orang (6 orang Pengurus Pusat, 1 dewan pembina, 1 pembina IGI DKI dan 5 orang pengurus IGI DKI Jakarta) hadir di Balai Kota DKI Jakarta tepat pukul 12.00 WIB. Sebelumnya rombongan melakukan swab antigen yang disediakan oleh pihak pemerintah provinsi DKI Jakarta. Rombongan disambut oleh ajudan Bapak Gubernur pada pukul 13.00 WIB di ruang kerja, dan diterima dengan hangat pukul 13.30 WIB oleh Bapak Gubernur Anies Baswedan.

Kehadiran pengurus mendampingi Ketua Umum menunjukan kerja kolektif kolegial yang harmonis, pengurus siap bahu membahu menyukseskan RAKERNAS mendatang. Pada kesempatan tersebut Ketua Umum IGI Bapak Danang Hidayatullah, menyampaikan kiblat IGI yang konsisten terhadap peningkatan kompetensi guru di Indonesia. Juga senantiasa bersinergi dengan organisasi profesi guru lainnya. Berkenaan kepengurusan yang baru dibentuk ini , Ketua Umum PP IGI meminang Bapak Anies Baswedan sebagai Dewan Pakar IGI 2021/2026, sekaligus mengundang Bapak Anies Baswedan untuk memberikan sambutan pembukaan pada RAKERNAS IGI di Bengkulu tanggal 10 April 2021 mendatang. Selanjutnya disusul paparan singkat perkembangan IGI oleh Dewan Pembina IGI Bapak Badrun Fuady, Ketua IGI DKI Jakarta Bapak Djamaludin, serta Ketua IGI Jakarta Barat Ibu Veranika.

Dalam Hal ini Bapak Gubernur menyambut baik apa yang diprogramkan oleh IGI, karena sinergi ini sebenarnya sudah terjalin semenjak tahun 2009. Bapak Anies Baswedan menyarankan agar IGI dapat memilih arus dalam upaya menyelesaikan persoalan guru yang amat komplek. Beliau berharap IGI dapat memilih Peningkatan Kompetensi sebagai ruh pengabdian organisasi profesi guru. Karena dalam hal ini pemerintah juga memerlukan mitra untuk dapat bersinergi menyelesaikan masalah dalam bidang pendidikan terutama pada peningkatan kompetensi guru. Selain itu diharapkan IGI dapat membina karakteristik guru untuk dapat menjadi suri teladan di sekolah dan juga di masyarakat.

Audiensi ini berlangsung singkat, karena Bapak Anies Baswedan harus memenuhi agenda berikutnya yaitu rapat dengan kemetrian perekonomian kreatif, pertemuanpun diakhiri dengan foto bersama. Alhamdulilah, kesimpulannya Bapak Gubernur menerima undangan dan menyetujui jika dirinya dijadikan sebagai dewan pakar, dan berjanji mudah mudahan akan hadir di Bengkulu, walau beliau setahun terakhir ini belum keluar DKI.

#Pacu terus dengan kerja keras dan upaya maksimal menuju sukses RAKERNAS IGI 2021
#bergerak #menggerakkan

Wulan Widaningsih
Literasi IGI

Comments

comments