METODE PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IGI TERUS BEREVOLUSI

0
1018

Ikatan Guru Indonesia terus berevolusi, setelah mencanangkan satu juta guru terlatih literasi produktif dalam 5 tahun. IGI telah menyiapkan 135 pelatih nasional alumni TOT LIterasi Produktif di Surabaya lalu menambah lagi sekitar 800 Coach baru alumni TOC 12 kota selama November dan Desember.

Dengan hampir 100 pelatih, 12 Master Trainer dan 9 Motivator, IGI saat ini sudah tak lagi kekurangan trainer. Pelatihan-pelatihan guru pun tak lagi berbentuk sekedar program tapi sudah berubah menjadi gerakan. Visit to School saat ini sudah bergerak dari sekolah ke sekolah bahkan memyentuh hingga level terendah guru-guru Indonesia.

Dengan 10 kanal pelatihan, begitu banyak variasi pelatihan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Fokus IGI bukan menjadikan guru-guru Indonesia memiliki kemampuan profesionalisme tinggu seperti yang saat ini dikerjakan kemendikbud melakui guru pembelajar tetapi bagaimana melakukan revolusi metodologi penyajian materi dalam pembelajaran sehingga konsep “belajar menyenangkan” tak lagi hanya sekedar menjadi jargon atau teori semata tapi teraplikasi dalam pembelajaran dan siswa menjadi selalu ingin ke sekolah dan selalu malas meninggalkan sekolah.

Evolusipun bergerak pada upaya membangun kemampuan guru secara spesifik pada bidangnya masing-masing.

Di Serang Banten tadi pagi, 11 Desember 2016, IGI bekerja sama dengan MGMP Bahasa Indonesia yang menjadi cikal bakal penguatan IGMP Bahasa Indoensia Wilayah Banten. Guru-guru bahasa Indonesia dilatih membuat komik pembelajaran oleh Harjono dan Ekowanto lalu dilatih Edugame oleh Dahli Ahmad. 
Nely Pori, Ketua MGMP Bahasa Indonesia Provinsi Banten berharap IGI dapat bekerjasama lebih sering lagi dengan MGMP dimasa yang akan datang.
Dalam sesi saya, saya menyampaikan bahwa IGI berkomitmen penuh membuat guru-guru kita memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Untuk itu IGI kedepan akan fokus pada penguatan profesi guru pada masing-masing bidang. Kedepan bukan IGI lagi yang melakukan pelatihan guru tetapi IGMP-IGMP di wilayah dan daerah masing-masing. Pelantikan dan Rapat Kerja IGI Wilayah dan Daerah hanya akan nebeng pada kegiatan-kegiatan IGMP.
Seluruh sponsor atau mitra IGI akan mensupport kegiatan yang dilaksanakan oleh IGMP yang tentunya tetap dibawah koordinasi Ketua Daerah dan Ketua Wilayah.
Selain fokus pada Mata Pelajaran masing-masing, IGI pun sudah mulai meninggalkan model seminar dan mulai fokus pada workshop dan diklat.

Sehari sebelumnya IGI Cilegon dilantik dan juga berlatih membuat komik pembelajaran yang diberikan master comik pembelajaran Indonesia, Abdul Karim.

Nurbadria memimpin IGI Banten dan bertekad terus bergerak meningkatkan mutu guru di Cilegon.

Banten, 11 Desember 2016

Muhammad Ramli Rahim

Ketua Umum Pengurus Pusat

Ikatan Guru Indonesia

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here