Tim LONTARA dan IGI SULSEL menggelar Pelatihan Manajemen Kegiatan Daring

0
708

Pelaksanaan webinar dan workshop online saat ini sedang marak-maraknya, dikarenakan kondisi Work From Home dan Study From Home di masa pandemi Covid-19. Kesibukan harian pendidik pun mengalami perubahan, yang dulunya mengajar di kelas saat ini harus berpisah jarak dan lokasi dengan peserta didik. Oleh karenanya bak jamur di musim hujan, bertebaran lah informasi dari sekian banyak organisasi maupun instansi yang mengadakan kegiatan secara daring.

Mempelajari kondisi tersebut, tim LONTARA (Learning Online Nusantara) yang merupakan afiliasi dari kanal SADAR IGI bekerja sama dengan IGI Sulawesi Selatan melaksanakan pelatihan Manajemen Kegiatan Daring. Dimana output dari kegiatan ini, diharapkan semua kabupaten kota di Sulawesi Selatan memiliki tim yang mampu mengelola sebuah kegiatan daring secara baik dan berkelanjutan. Sehingga proses peningkatan kompetensi guru tidak hanya bersumber dari webinar atau workshop online dari organisasi luar, tetapi dari organisasi di level kabupaten kota pun bisa melaksanakan, dengan harapan guru-guru di daerah lebih bisa berpartisipasi.
Pelatihan Manajemen Kegiatan Daring (MKD) ini dilaksanakan pada tanggal 30 Mei sampai dengan 1 Juni 2020 dengan jumlah peserta 385 orang dan fasilitator sebanyak 15 orang. Pendaftar kegiatan ini wajib memiliki KTA IGI dan berdomisili di Sulawesi Selatan, karena pelatihan ini bersifat pembekalan internal calon penggerak kegiatan daring di IGI kabupaten kota di Sulawesi Selatan, maka dengan berat hati sebanyak 42 pendaftar dari Luar Sulawesi Selatan serta yg tidak memiliki KTA IGI dengan terpaksa di batalkan keikutsertaan nya oleh tim LONTARA, dengan harapan pelatihan MKD batch 2 bisa kami laksanakan untuk luar Sulawesi Selatan jika diperlukan.

Dalam pelatihan ini tim LONTARA berbagi pengalaman sekaligus membekali peserta dengan 4 materi utama, yakni Tata kelola pendaftaran dan publikasi online, tata kelola grup pelatihan, tata kelola room vicon serta tata kelola distribusi sertifikat. Satu hal yang kami banggakan, turut sertanya Ibu Umi Tira Lestari sebagai salah satu pilar VCT dan PJ Kanal SADAR IGI membawakan materi dan berbagi pengalaman beliau yg 3 tahun lebih secara konsisten mengelola kegiatan daring.
Imran Rosyadi sebagai koordinator pelatihan menyatakan bahwa potensi guru penggerak kegiatan daring di Sulawesi Selatan ini sangat banyak, beberapa IGI kabupaten kota di Sulawesi Selatan sebenarnya sudah berhasil menggelar kegiatan daring dengan sukses, hanya perlu pembuktian eksistensi dari pengelola kegiatan daring IGI di daerah, jangan hanya rutin melaksanakan tapi peserta itu-itu saja ataukah hanya sekali melaksanakan lalu tenggelam tidak ada kelanjutan kegiatan berikutnya.

Tim LONTARA pun tetap akan mengadakan evaluasi dari pelatihan MKD ini, apabila dibutuhkan maka sebagai komunitas pendamping IGI, kami siap sedia bekerjasama dengan pengurus IGI dimanapun berada untuk menggelar kegiatan berikutnya dengan sasaran peserta yang jauh lebih banyak. Di sisi lain tim LONTARA pun sementara menampung peserta dari kalangan peserta didik untuk kegiatan LONTARA Kids season 2, dimana pendaftaran nya masih terbuka sampai release ini diterbitkan.

Semoga persembahan tim LONTARA kali ini masih satu nafas dengan semboyan IGI Sharing and Growing Together.

Berikut Rekaman Kegiatan MKD:

https://youtu.be/Z2X_CW6g5EA
Tata kelola pendaftaran dan publikasi

https://youtu.be/FeIO6KTc1k0
Tata kelola grup pelatihan

https://youtu.be/rMjp1mc959w
Tata kelola aplikasi daring (Vicon)


Tata kelola distribusi sertikat

Red.

Comments

comments