Tamu Tak Terduga dalam Pembukaan WIB Quizizz di IGI Bali

0
203

Bali, IGI.OR.ID- Sabtu, 17 Juli 2021, Ikatan Guru Indonesia Provinsi Bali mengadakan pembukaan pelatihan untuk guru dan tenaga kependidikan yang bertajuk WIB Quizizz dengan tema Gamifikasi dalam Pembelajaran dengan Quizizz.

Proses pendaftaran peserta yang dimulai pada tanggal 15 Juli 2021, mampu menjaring hingga 532 peserta yang tersebar hampir dari seluruh provinsi di Indonesia, dengan peserta dominan dari Provinsi Bali.

Kegiatan yang menerapkan pola In-On setara 32 JP dilaksanakan mulai 17 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021. Dengan pemateri adalah Quizizz Super Trainer Bali, diantaranya Ika Desi Budiarti, Made Mahendra Eka Purusa, Komang Budiadnya, Putu Ayu Desi Wilandari, Ni Kadek Citrawati, Ida Ayu Cintiya Nurina, dan Muslimin Dedy Handoko. Para Quizizz Super Trainer Bali ini sudah terlebih dahulu menerima pelatihan langsung bersama Tim Quizizz Indonesia.

Pada sesi pembukaan kemaren ada satu moment yang tak terduga dan tidak teragendakan. Acara pembukaan yang sedianya dihadiri oleh Ketua Wilayah IGI Provinsi Bali, Ketua Umum IGI, dan pihak perwakilan Quizizz Indonesia, kedatangan tamu dari pihak Quizizz pusat langsung yaitu Mr. Connor Pierson selaku Head of Growth at Quizizz. Tidak hanya peserta, tim di belakang layar pun tidak kalah terkejutnya, karena memang tidak diagendakan resmi mengingat ketersediaan waktu dari Mr. Connor Pierson. Dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi IGI Bali, karena beliau akhirnya bisa hadir menyapa peserta pelatihan secara live dari California. Beliau sangat terkesan dengan pelatihan di Indonesia yang selalu kental dengan nasionalisme, dengan adanya pemutaran lagu Indonesia Raya di awal pelatihan. Hal ini jarang beliau temukan di pelatihan di negara lain. Bagi beliau dan tim Quizizz pusat, Indonesia memiliki porsi tersendiri dalam proses pengembangan dan pemanfaatan Quizizz di dunia, sehingga beliau berpesan sampaikanlah masukan-masukan terhadap Quizizz melalui Bapak Umar Abdul Aziz selaku Indonesia Country Representative of Quizizz Inc agar Quizizz dapat semakin bermanfaat bagi guru-guru di dunia dan di Indonesia khususnya.

Selanjutnya, kehadiran Ketua Wilayah IGI Provinsi Bali – Ibu Luh Made Sri Yuniati dan Ketua Umum IGI – Bapak Danang Hidayatullah sesuai agenda semakin menambah semangat peserta. Pada kesempatan ini, Ketua Umum IGI mengapresiasi kolaborasi Quizizz Super Trainner Bali yang difasilitasi oleh IGI Bali dalam mengadakan pelatihan ini. Beliau mengajak peserta untuk mencermati teori “user experience” agar setiap pelatihan memang memunculkan kebermaknaanny untuk end usernya, yaitu siswa. Bukan sekedar mengejar sertifikat 32JP, tapi untuk pengembangan komptensi diri yang akan digunakan pastinya bersama siswa. Dan pastinya jangan berhenti di kita, mari bersama sebarluaskan kebermanfaatan Quizizz ini, sesuai dengan semangat dari IGI yaitu “sharing and growing together”. Di akhir, Ketua Umum IGI ini juga berbincang bersama Mr. Connor Pierson dan menceritakan satu cerita dari negara asal Mr. Connor, yaitu tentang salah seorang petugas kebersihan di NASA, yang saat ditanya pekerjaannya apa, selalu menjawab saya bertugas mengantarkan orang ke Bulan. Petugas kebersihan ini memahami visi dan misi dari tempat kerjanya, yaitu dia merupakan bagian dari satu sistem yang secara bersama-sama bertujuan untuk mengantarkan orang ke bulan. Dari sini kita bisa petik suatu pelajaran penting, kita sebagai guru berada aspek fundamental dari suatu sistem, tugas kita adalah mengantarkan anak-anak kita untuk menuju kesuksesan. Beliau mengajak kita, mari tetapkan semangat dan tujuan kita di era yang penuh perubahan dengan spirit “bergerak, menggerakkan, untuk perubahan”.

Mari bersama sebarluaskan pemanfaatan Quizizz untuk pembelajaran, mari fasilitasi siswa dengan kolaborasi tools yang tentunya mampu memunculkan aspek kolaborasi juga.

#QuizizSuperTrainer
#IGIBali
#IGIuntukIndonesia

Comments

comments