Sinergi IGI Tuban dengan Dinas Pendidikan, Kemenag dan DPRD

0
541
Foto bersama peserta pelatihan di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Tuban.

Tuban, IGI.OR.ID- Ikatan Guru Indonesia (IGI) Tuban bersinergi dengan Dinas Pendidikan, Kemenag dan DPRD kabupaten Tuban Dalam Kegiatan Pelatihan ChatGPT kepada Guru di Kabupaten Tuban tentang optimalisasi Artificial Intelligence (AI) ChatGPT untuk pembelajaran dan penulisan karya tulis Ilmiah, yang dilaksanakan di gedung DPRD kabupaten Tuban, Sabtu (08/07/2023).

Perkembangan teknologi sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0, dunia digital mengalami perkembangan yang luar biasa. Apalagi sejak hadirnya perusahaan Open AI milik Elon Musk dengan memberikan perkembangan dalam penggunaan artifical intelligence (AI) secara lebih luas dengan adanya pogram ChatGPT yang diperkenalkan kepada publik pada tahun 2021. Adanya program ini memberikan pengaruh pada dunia pendidikan di masa sekarang, sehingga tenaga pendidikan harus mampu mengembangkan kapasitas dan kualitas untuk menyesuaikan perkembangan dunia digital saat ini.

Ikatan Guru Indonesia (IGI) merupakan organisasi profesi yang memberikan wadah pada guru Indonesia untuk mengembangkan kualitas guru secara kreatif dan inovatif melalui pelatihan-pelatihan yang digagas oleh IGI. Salah satunya IGI Tuban yang melaksanakan pelatihan ChatGPT yang diikuti oleh 105 peserta dari berbagai lembaga pendidikan di kabupaten Tuban. Narasumber dalam pelatihan ini adalah wakil ketua IGI daerah Surabaya, Bambang Hadi Prayitno, S.Si dan dewan pakar IGI kabupaten Tuban, Dr. Zaenal Arifin, M.Pd.

Sambutan Ketua IGI Kab. Tuban Jawa Timur, Ikhwan Fahrudin saat acara pelatihan di Gedung Paripurna DPRD Tuban Jawa Timur

Pelatihan ini berjalan lancar dan ketua IGI daerah kabupaten Tuban Ikhwan Fakhrudin, S.Pd sangat berterima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kegiatan IGI Tuban, terimakasih sponsor yang telah bersama kami, IGI Tuban akan terus meningkatkan kapasitas intelektual SDM guru di kabupaten Tuban dengan membuat pelatihan yang dibutuhkan oleh guru dan satuan pendidikan. Dengan terus sinergi dengan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder terkait”, jelas Ikhwan Fakhrudin.

“Bersama Kemenag Tuban, Dinas Pendidikan kabupaten Tuban, komunitas belajar guru penggerak, DPRD Tuban, Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban, dan perusahaan membangun kolaborasi sebagai upaya IGI Tuban dalam mengasah kompetensi guru, mencerdaskan kehidupan bangsa, Kami di IGI ada SDM yang kompeten di bidang masing-masing siap bersama pemerintah mendampingi guru dan sekolah menyukseskan merdeka belajar.” Lanjutnya.

Foto bersama IGI, DPRD, Kemenag, Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan Kab Tuban Jawa Timur dan narasumber pelatihan.

Ketua DPRD kabupaten Tuban H. Miyadi, M.Pd memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. “Terima kasih kepada IGI yang memberikan inovasi untuk meningkatkan mutu guru di kabupaten Tuban” ujarnya. “IGI memiliki peran dalam mengembangkan kualitas guru sehingga peserta didik juga menjadi berkualitas dan memiliki wawasan kebangsaan yang luas” lanjutnya.

Ketua DPRD kabupaten Tuban, juga memberikan harapan kepada peserta pelatihan dan semua guru untuk memberikan peran yang lebih besar kepada masyarakat, “peran guru di masyakat harus ditingkatkan, kondisi yang terjadi di masyakat juga harus dikembangkan untuk mencerdaskan anak bangsa yang berkualitas demi generasi penerus bangsa.” Ungkap Miyadi dalam sambutan pada pembukaan pelatihan.
Perkembangan dalam bidang digital sangat cepat sehingga kualitas guru pendidik harus terus bertumbuh dan berkembang, sehingga guru berkualitas, generasi penerus bangsa juga akan cerdas.

Comments

comments