SAGUSAVI IGI PLUS UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKN 5 KENDAL JAWA TENGAH

0
133

Kendal – SMK Negeri 5 Kendal, sekolah ketiga di wilayah Kendal yang menghadirkan Widi Astiyono – Master SAGUSAVI, Kegiatan peningkatan mutu pendidikan di sekolah ini diberi tajuk “Workshop PAK dan PKB Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pembuatan Video Pembelajaran dan Gerakan Guru Menulis” pada Kamis-Jum’at, (19-20/12/2019) bertempat di ruang gambar SMK Negeri 5 Kendal.

Pelaksanaan workshop di SMK Negeri 5 Kendal dilangsungkan mulai jam 08.00 WIB. Menurut Litbang IGI Kab. Kendal Agus Kurniawan S.Pd, yang kebetulan menjabat sebagai koordinator SDM, pelaksanaan workshop menggandeng master SAGUSAVI agar memberi nuansa baru pada peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 5 Kendal. Sagusavi adalah Satu Guru Satu Video Pembelajaran, salah satu kanal pelatihan Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Kepala SMK Negeri 5 kendal Bambang Dite Wahyono, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya workshop ini akan memotivasi pendidik di SMK Negeri 5 Kendal untuk berkarya dan berinovasi.

Widi Astiyoni, S.Ag, M.Pd selaku narasumber di workshop yang bisa dikatakan SAGUSAVI PLUS ini, menyampaikan bahwa kegiatan hari pertama yaitu pembuatan video pembelajaran yang dimulai pada pukul 08.30 dan berakhir pada pukul 15.00 wib. Sebelum memaparkan materi tentang SAGUSAVI, kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi Menjadi Guru Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi. Hal ini disampaikan agar menjadi inspirasi dan motivasi bagi para peserta workshop. {erlu di ketahui juga, selaiin sebagai pelarih nasional, Kang Widi juga merupakan Guru Berprestasi di Kabupaten Kendal bahkan di tingkat nasional. Pretasi terbaru yang telah Kang Widi raih diantaranya adalah sebagai 40 Nominator Terbaik PNS Inspiratif Anugerah ASN dari Kemenpan RB Tahun 2019 dan penerima Anugerah Guru Indonesia dai IGI.

Pelaksanaan workshop berjalan lancar dan sukses dan penuh kegembiraan, workshop yang seharusnya berakhir pukul 15.00, pada kenyataannya berakhir pada jam 15.45, dikarenakan antusiasme peserta dalam pengambilan gambar untuk pembuatan video pembelajaran. Bahkan dalam kesempatan ini master SAGUSAVI juga memperkenalkan SIM Guru Pembelajar IGI kepada semua pendidik di SMK Negeri 5 kendal agar bisa memenuhi PKB.

Pada hari kedua, Jum’at 20 Desember 2019 materi dilanjutkan dengan Gerakan Guru Menulis yang dalam IGI dikenal dengan SAGUSAKU dengan narasumber masih Master Sagusavi, Kang Widi sapaan akrab beliau. Dalam sesi ini Kang Widi menyampaikan tentang tips dan trik menulis hingga menerbitkan buku secara murah meriah. Tak lupa master SAGUSAVI juga mensosialisasikan dan memaparkan secara gamblang tentang apa itu IGI. Dan di akhir kegiatan di tutup dengan pemaparan materi PKB oleh pengawas SMK Negeri 5 Kendal, Drs. Inu Indarto, M.Pd. yang juga sangat mendukung apa yang sudah di paparkan oleh Kang Widi selaku narasumber.

Dari workshop tersebut membuahkan hasil luar biasa, para peserta dengan antusias mengikuti pelatihan dan menghasilkan karya video pembelajaran dan tulisan berupa cerpen hingga artikel. Bahkan yang mengejutkan dengan adanya workshop ini anggota IGI SMK Negeri 5 Kendal yang awalnya hanya 3 orang, di akhir kegiatan meningkat menjadi 11 orang Dan dan yang lainnya masih proses pendaftaran semoga akan bertambah lagi seiring dengan pemahaman mereka bahwa IGI adalah satu-satunya organisasi yang memfasilitasi PKB guru. (Litbang IGI Kendal-Agus Kurniawan)

Comments

comments