SADAR IGI 118: “GURU MELEBIHI ORANGTUA”

0
176

Hasil pembelajaran sesungguhnya bukan sekedar angka-angka statistik dari nilai pengetahuan siswa. Lebih dari itu, pembentukan kepribadian siswa yang tercermin dari sikap santun, saling menyayangi, menolong sesama, welas asih dan berbudi pekerti luhur merupakan komponen krusial dalam pendidikan.

Perkembangan zaman yang mengubah gaya hidup manusia, pergeseran budaya dan pola pikir serta era disrupsi menjadi tantangan tersendiri dalam pembenatukan karakter siswa, baik di rumah terutama di sekolah.

Guru memiliki tantangan yang berbeda dengan orangtua di rumah. Anak yang unik di sekolahnya tentu bukan bentukan awal di sekolah, mereka berproses dan bertransformasi dari keluarga serta lingkungan. Namun pada akhirnya ketika menjadi siswa pada suatu sekolah, guru di sekolah tersebut harus mempelajari perubahan itu dari awal dan mengubahnya menjadi anak yang berakhlak baik, peri karakter yang diharapkan ideal.

Tentu saja terkadang guru membimbing lebih dari orangtua di rumah, belum lagi jika anak yang dibimbing tersebut bertentangan dengan kemauan orangtua. Bahkan jika ada anak yang dipanggil orangtua ke sekolah karena guru perlu mensinkronisasi pembinaan karakter secara harmonis, guru bisa disalahkan orangtua di depan anaknya.

Guru memiliki kedekatan dan pola yang persuasif, sabar dan telaten, bahkan bisa jadi mengurus anak sekolah lebih berhati-hati. Guru cerminan teladan bagi anak. Karena itu pendidikan karakter menuntut sikap yang baik dari guru. Membimbing siswa bukan sekedar teori, tapi mejnadi bersama, memiliki dan membenahi diri bersama, secara merdeka namun dalam norma bersama.

*Pak Fidelis E Wawuru, M.Sc.Ed* yang sudah wara wiri tampil di SADAR IGI merupakan motivator internasional, cakap memahami emotional quotient untuk pembentukan karakter, terutama anak unik. Beliau akan hadir membuka SADAR tahun 2020 dengan materi yang sangat kita idamkan, *Merdeka Membentuk Karakter Siswa*. SADAR IGI Edisi 118 akan dipandu oleh *Ibu Fientje Watak, S.Pd., M.Pd* dari SMP Katolik Mayella Polgar.

Buka tahun dengan penuh wawasan, gabung bersama kami pada *Rabu Malam 8 Januari 2020* melalui video conference. Akses kami melalui www.psmk.webex.com atau bit.ly/sadar118 ||Meeting room 573 899 718 ||Password : 12345*.

SADAR IGI ; Tayangan Edukasi Menginspirasi Negeri

Koordinator SADAR IGI
Khairuddin

Comments

comments