Peringati Hardiknas 2020, IGI Ogan Ilir Selenggarakan Pelatihan Daring 1 Guru 1 Aplikasi Andoid

0
828

Memperingati Hardiknas 2020, IGI Ogan Ilir Menyelenggarakan Pelatihan Daring 1 Guru 1 Aplikasi Andoid

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada saat ini Indonesia dan dunia sedang dilanda wabah covid 19. Hal ini memaksa pembelajaran tidak lagi dilakukan secara tatap muka akan tetapi melalui moda daring (dalam jaringan). Oleh karena itu, guru harus memiliki banyak cara dan pilihan dalam melaksanakan pembelajaran moda daring ini.

Salah satu cara yang paling efektif adalah bagaimana pembelajaran dapat berlangsung melalui gawai android karena lebih praktis dan efisien. Untuk memaksimalkan fungsi android sebagai media pembelajaran, maka Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Ogan Ilir (IGI OI) menyelenggarakan kegiatan pelatihan daring Satu Guru Satu Aplikasi Android pada 2-5 Mei 2020.

Sebagaimana diketahui, aplikasi android sangat praktis karena bisa diinstal oleh setiap peserta didik di gawai mereka masing-masing. Aplikasi android juga bisa menampilkan beberapa menu dan dalam menu tersebut dapat diisi dengan konten yang sesuai dengan kebutuhan guru untuk melaksanakan pembelajaran moda daring.

“Ini adalah terobosan baru dalam dunia pendidikan. IGI selalu terdepan dalam pelatihan guru yang mengadopsi teknologi TIK dalam pembelajaran. Sesuai tema Hardiknas 2020 yaitu belajar dari covid 19. Banyak hal bisa dipelajari dari wabah ini. Dalam dunia pendidikan contohnya adalah penggunaan TIK dalam pembelajaran yang selama ini diabaikan, sekarang menjadi kebutuhan. Dan guru mau tak mau harus mampu beradaptasi dengan kondisi ini, “ ujar Sapto Abadi, S.Pd yang merupakan Ketua daerah IGI Kabupaten Ogan Ilir.

Kegiatan ini sendiri dimentori oleh Septa Ryan Hidayat yang merupakan android and IOS apps developer. Diikuti oleh 138 peserta yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia diantaranya dari Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Tengah, Lampung, Bengkulu dan Aceh. Juga diikuti dari beragam profesi mulai guru, pelajar, mahasiswa dan polisi.

 

Comments

comments