Peningkatan Kualitas dan Organisasi Profesi Guru

0
59

Suandi, S.Pd (Ketua IGI Bengkayang)

Saya pernah mendengar ungkapan organisasi guru itu hanya satu. Itu ungkapan tanpa berdasar atau hanya sesuatu pengakuan yang mau meninggikan kharisma satu organisasi. Ada juga yang berpendapat; Untuk apa banyak organisasi…Kayak partai politik saja.

Mereka yang mengganggap organisasi itu hanya satu adalah sebuah ungkapan dan pemikiran yang harus dikaji ulang. Dalam UUD 1945 ada jaminan sebuah kumpulan organisasi diakui untuk berdiri berpendapat. Penjelasan Pasal 28 Sampai Pasal 28J UUD 1945. Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.

Tak adil jika organisasi sosial masyarakat bisa bergerak dan tumbuh, organisasi keagamaan, organisasi kewanitaan banyak muncul, organisasi buruh kemudian ada organisasi profesi guru organisasi yang serius mau mengajukan pendidikan bergerak dibatasi.

Padahal menurut saya semakin banyak yang membantu dan berjuang bersama maka hasilnya semakin baik. Untuk memikul beban yang besar seorang semut saja harus memanggil teman temannya untuk memindahkan seonggok makanan. Kumpulan hewan yang tidak diberikan akal naluri lebih sempurna dari manusia saja bekerja sama untuk mencapai sesuatu. Masalah pendidikan ini kompleks dan bukan satu sisi saja yang harus dibenahi. Salah satunya peningkatan kualitas guru dalam hal penguasaan media pembelajaran dan ilmu teknologi. Di zaman Revolusi Industri 4.0 ini seharusnya guru semakin berani untuk mengubah mindsetnya untuk tidak berdiam diri. Terbuka untuk menyambut tantangan zaman. Move on untuk menerima segala perbedaan. Kuasai segala kemajuan yang mendorong pengembangan IT dan peningkatan dalam hal kegiatan belajar mengajar. Semoga instansi yang menaungi masalah pendidikan ini membaca dan berpikir terbuka untuk menerima kehadiran organisasi profesi dan demi peningkatan kualitas pendidikan anak bangsa lebih baik. Lebih lanjut ke ke depan mitra pendidikan siap berkolaborasi dan maju bersama membangun pendidikan yang lebih baik tanpa memunculkan keegoan organisasi masing masing.

Selamat HARDIKNAS.
02 Mei 2019
Suandi, Ketua IGI Bengkayang

Comments

comments