IGI Tingkatkan Kompetensi Guru Sulawesi melalui POP

0
796

Manado, IGI.OR.ID- Penguatan Fasilitator Daerah (Fasda) Regional Sulawesi Program Organisasi Penggerak Ikatan Guru Indonesia (POP IGI) tingkat SD dan SMP dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawaesi Utara (Sulut), Dr. Liesje G.L. Punuh, M.Kes, yang dilaksanakn selama tiga hari, 24-26 Februari 2023 di NDC Resort And Spa Manado Sulawesi Utara, Sabtu [25/2/2023].

Dari kiri ke kanan “Ketum IGI, Kadis Pendidikan Prov. Sulut, Dewan Pakar IGI, Ketua Tim POP”.

Kegiatan Penguatan Fasda dihadiri oleh Kadis Provinsi Sulut, Dr. Liesje G.L. Punuh, M.Kes, Ketua Umum IGI, Danang Hidayatullah, Wakil Ketua Umum II IGI, Jasmansyah, Wakil Ketua Umum IV IGI, Abdul Wahid Nara, Direktur Pusat Kerjasama dan Hubungan Internasional, Jasmin, Dewan Pakar IGI, Dr. Rusnanie M.Pd sekaligus sebagai tim pengarah Program Organisasi Penggerak tahun 2023, Ketua tim Program Organisasi Penggerak IGI tahun 2023, Nursyamsih beserta panitia pelaksana, Tim Fasilitator Nasional POP IGI, serta Tim Fasilitator Daerah POP IGI Tahun 2023 Tingkat SD dan SMP.

Ketua tim Program Organisasi Penggerak IGI Tingkat Sekolah Dasar (SD) Tahun 2023, Nursyamsih, dalam sambutannya menyampaikan Regional Sulawesi merupakan peserta Fasda terbanyak. Terdiri dari 24 peserta Guru SD dan 70 peserta Guru SMP. Untuk SD tersebar di delapan Kabupaten/Kota “Bima, Manado, Tomohon, Minahasa Tenggara, Kepulauan Talaud, Kotamobagu, Toli-toli dan Konawe Selatan.” Dan SMP tersebar di sepuluh Kabupaten/Kota “Manado, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Toli-toli, Kendari, Kepulauan Bangkep, dan Konawe Selatan.”

Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IGI

Selanjutnya dalam kegiatan pembukaan, Ketua Wilayah IGI Manado, Dr. Florensia E.A.Rembet, M.Pd menyatakan peserta Fasda POP IGI bersemangat mengikuti materi dan praktek pembelajaran pada kegiatan Penguatan Fasda, hal ini ditunjukkan dengan hadirnya peserta Fasda POP IGI dari beberapa daerah Kabupaten/Kota yang masuk Regional Sulawesi. Juga sangat mengapresiasi atas kepercayaan Ketum IGI yang sudah memilih Manado sebagai tempat pelaksanaan Fasda.

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Danang Hidayatullah dalam sambutannya memberi apresiasi pada Ketua Wilayah IGI Manado dalam mengelola kegiatan Fasda dengan sangat baik. Harapannya, melalui kegiatan Penguatan Fasda “bagaimana menjadikan Organisasi IGI sebagai Organisasi Profesi berkelas dunia yang adaptif, inovatif dan progresif serta dapat bersinergi dengan Organisasi Profesi Guru lainnya,” ungkap Ketum disela penguatan dan support pada peserta Fasda di akhir sambutannya.

Tim Fasilitator Daerah POP IGI Tahun 2023 Tingkat SD dan SMP

Kadis Pendidikan Provinsi Sulut menyampaikan harapannya pada peserta penguatan Fasda POP IGI, “jadilah guru profesional, jalani tugas dengan ikhlas, nikmati dan syukuri”. Dimana pun berada, Bapak Ibu guru peserta Penguatan Fasda POP IGI menjadi tonggak dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Sulut, IGI bersatu padu untuk melihat hal-hal yang masih minus, terobosan-terobosan yang dibuat dapat diimplementasikan, dan Output POP IGI diharapkan dapat mewujudkan dan membentuk profil pelajar pancasila. Kadis berharap kegiatan berjalan lancar dan pendidikan Sulut makin hebat, demikian harapan Kadis menutup sambutannya.

Kegiatan Penguatan Fasilitator Daerah (Fasda) Regional Sulawesi POP IGI Tingkat SD dan SMP terlaksana sukses, diikuti dengan sangat antusias oleh 94 peserta Penguatan Fasda. [KR]

Comments

comments