IGI Jakpus Sumbangkan Hasil “Keringatnya” Ke BNPB Covid-19

0
302

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jakarta Pusat menyumbangkan uang pemberian dari KIPIN kepada BNPB Covid-19 untuk digunakan dalam penanganan wabah covid-19, Rabu, 27/05/2020.

Seperti diberitakan sebelumnya, IGI Jakarta Pusat telah menggelar Pelatihan Sosialisasi dan Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran KIPIN PTO 2.0 secara daring pada Jumat/08/05/2020. Endah Wijayanti, Ketua IGI Jakarta Pusat mengungkapkan bahwa dalam pelatihan tersebut guru-guru membuat soal untuk dimasukkan dalam aplikasi KIPIN. “Setelah soal-soal dibuat, kemudian kami kirim. Mereka (KIPIN) memberi uang kepada kami dan kemudian uang itu kami sumbangkan”, ungkap Endah.

Resi Transfer Sumbangan Ke BNPB Covid-19

“Tidak banyak, namun bisa berbagi. Melalui kegiatan menulis soal pada aplikasi KIPIN ini IGI Jak Pus memberikan hasil keringatnya untuk sesama. Kami sudah mentransfer semua yang telah diterima ke BNPB Covid-19′, tambahnya.

KIPIN PTO Portable adalah sistem evaluasi belajar paperless yang tidak membutuhkan internet. IGI Jakpus telah melatih para guru untuk menggunakan aplikasi ini. Dimulai dari penjelasan tentang fitur-fitur yang digunakan, hingga cara memasukkan soal ujian. Pada saat Penilaian Akhir Tahun (PAT), sekolah-sekolah bisa menggunakan soal-soal yang sudah dibuat guru ini. Apalagi disaat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pola pembelajaran dan evaluasi berbentuk daring. Maka aplikasi ini akan sangat bermanfaat sekali bagi sekolah dan guru untuk menyelenggarakan PAT.

Ref./Foto: EW

Comments

comments