IGI WAKATOBI LAKSANAKAN WORKSHOP GURU LENGKAP PERANGKAT PEMBELAJARAN (GLPP) TAHAP II DI PULAU BINONGKO

0
51

Sebagai pulau paling ujung yang terletak di jazirah Kepulauan Tukang Besi, dimana saat ini dikenal dengan Kabupaten Wakatobi, Pulau Binongko kadang merasa terpinggirkan dari arus perkembangan dunia pendidikan. Hantaman gelombang Laut Banda pada kapal laut yang menjadi satu-satunya akses menuju pulau tersebut cukup menjadi momok bagi orang-orang luar Wakatobi untuk sekedar berkunjung. Kadang terdengar berita ada kapal kayu yang terpaksa harus kandas di tengah lautan. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat IGI Kabupaten Wakatobi untuk berbagi, sesuai slogan yang menjadi jiwa seluruh anggota IGI Sharing and Growing Together.

Tepatnya pada Kamis, 12 September 2019 empat pengurus IGI berangkat menuju Pulau Binongko dengan semangat menggebu-gebu tanpa takut dengan terjangan gelombang. Mereka mengemban misi yang tidak tanggung-tanggung demi lengkapnya perangkat pembelajaran seluruh guru pendidikan dasar (SD dan SMP) di Pulau Binongko. Hal ini tentunya tidak lepas dari dukungan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wakatobi saat ini La Aliwangi, S.Pd., M.Si.. Beliau dan Ketua IGI Kabupaten Wakatobi, Nurhayati, M.Pd. telah menandatangani sebuah MOU tentang peningkatan kompetensi guru di Wakatobi melalui pelatihan seperti ini tanpa pendanaan dari APBD. Kolaborasi ini murni kerja ikhlas tanpa pamrih. Kepercayaan dari pemerintah inilah yang kemudian dituangkan IGI Wakatobi dalam Workshop GLPP tahap I di Pulau Wangi-Wangi, Workshop GLPP II di Pulau Binongko dan selanjutnya akan dilaksanakan di Pulau Kaledupa dan Tomia.

Workshop GLPP ini dilaksanakan untuk menjawab kegelisahan guru-guru SD dan SMP yang belum memiliki pemahaman dan kelengkapan akan perangkat pembelajaran kurikulum 2013. Adapun instruktur K13 Kabupaten Wakatobi yang dilibatkan dalam kegiatan ini merupakan pengurus IGI Wakatobi, yaitu Nurhayati, M.Pd. (Instruktur SMP) dan Zulham Jaya, M.Pd. (instruktur SD). Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari sejak Jumat s.d. Minggu, 13 15 September 2019. Kegiatan ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari guru-guru maupun kepala sekolah dibuktikan dengan peserta workshop yang mencapai 200 orang. Hal ini disebabkan materi yang disuguhkan memang benar-benar mereka butuhkan, melibatkan penggunaan teknologi sesuai tuntutan pembelajaran 4.0, serta dilaksanakan di luar waktu belajar (sore hari) sehingga tidak mengganggu aktivitas pembelajaran di sekolah.

Workshop GLPP ini dilaksanakan di Aula Serbaguna Kantor Camat Binongko. Pada pembukaan selain peserta kegiatan, turut pula dihadiri oleh guru, kepala sekolah, dan para pengawas sepulau Binongko. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas Sekolah Madya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi, H. Mujaidi, S.Pd., S.IP., M.Si.. dalam sambutannya beliau mewakili seluruh elemen Dinas Dikbud, mengharapkan kerjasama dan kolaborasi ini dapat terus dilakukan demi peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Wakatobi. Selama pelaksanaan kegiatan, peserta sangat antusias menyimak dan mempraktikan arahan dari instruktur. Selain tekhnik penyusunan pembelajaran yang tepat dan cepat karena berbasis aplikasi, materi yang paling menarik minat peserta yaitu penerapan fitur Mailings yang selama ini mempercepat pekerjaan dalam mencetak ijasah sementara, sertifikat bagi siswa, bahkan undangan berbagai acara.

Melalui kegiatan-kegiatan ini, IGI Kabupaten Wakatobi berharap seluruh elemen pendidikan yang ada di daerah Wakatobi dapat melakukan peningkatan pendidikan. IGI Kabupaten Wakatobi selalu membuka kesempatan untuk siapapun dan organisasi apapun untuk bergabung maupun berkoordinasi demi kemajuan dunia pendidikan maupun pemberdayaan masyarakat. Semoga kita semua terpanggil jiwanya dan mau melakukan pengembangan dunia pendidikan Kabupaten Wakatobi. Salam Sharing and Growing Together.

Comments

comments