Mengayuh Impian TOT Literasi Produktif Berbasis IT

0
247

Tanggal 6 Oktober sampai 9 Oktober 2016 Ikatan Guru Indonesia  (IGI) menyelenggarakan kegiatan bertaraf Nasional Training Of Trainer. Kegiatan ini ditujukan untuk menjaring dan memperkaya calon Trainer Nasional IGI yang nantinya akan diterjunkan keseluruh polosok Indonesia. Kegiatan yang dikemas secara kreatif dan menyenangkan sangat jauh dari perkiraan saya serta peserta lain.

Peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 150 peserta dari seluruh Indonesia. Peserta terbanyak berasal dari provinsi Sulawesi Selatan yakni sebanyak 40 peserta. Pembagian peserta berdasarkan jumlah anggota IGI  sesuai dengan System informasi (Sisfo) di Wibsite resmi IGI serta seleksi berdasarkan karya tulis berbasis IT. Anggota yang ada di sisfo sangat menentukan jumlah peserta yang berhak mengikuti kegiatan tersebut secara gratis mulai dari transportasi menggunakan pesawat garuda Indonesia hingga akomodasi, membayar 50% biaya kegiatan, bahkan mandiri mulai dari transportasi hingga biaya kegiatan sebesar Rp. 1.000.000.

Sebagai salah seorang guru beruntung bisa diberi kesempatan mengikuti TOT Literasi Produktif Berbasis IT yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia ( IGI) sebagai wahana Sharing and Growing Together bersama para master IT. Pada kesempatan ini saya bertemu langsung dengan master IT Literasi pada bidang keahlian masing–masing yang menambah motivasi untuk meningkatkan kompetensi ICT dalam pembelajaran.

TOT ini adalah pengenalan tablet Samsung Note A8 yang sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Keseluruhan materi dan tugas menggunakan tablet A8 mulai dari pembuatan video animasi, komik pembelajaran, merancang karya ilmiah ( KTI) dan sebagainya.

Selama empat hari kami menikmati fasilitas yang tersedia, seperti raja dan ratu yang dilayani setiap hari, kami tinggal belajar, lalu makan dan tidur. Allah memberikannya kepada kita semua di LPMP Surabaya.

Selama mengikuti pelatihan, saya berusaha untuk menuliskan informasi yang saya dapatkan. Saya berharap dapat berbagi kebahagiaan kepada teman–teman guru di seluruh Indonesia khususnya di daerah saya. Semoga kegiatan TOT bisa menjadi tonggak awal kebangkitan IGI dalam memperjuangkan peningkatan kualitas guru sekaligus peningkatan mutu pendidikan Indonesia

 

Fitrianti Jeneponto SulSel

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here