PERSPEKTIF IGI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA MELALUI (ToT) Traning of Trainer

0
1009
Pengenalan Tablet A8 untuk pembelajaran dari PT Samsung

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Globalisasi pada hakekatnya adalah suatu fenomena perubahan manusia dengan lingkungan dunia. Didalam prosesnya terjadi interaksi global dari berbagai aspek kehidupan, dimana ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan prasyarat yang menghantarkan bagi munculnya pandangan-pandangan baru yang berskala dunia. Dunia pendidikan Indonesia saat ini setapak menata diri untuk menembus batas toleransi kompetitif global. Suatu proses penataan kelembagaan pendidikan yang melibatkan sumber daya manusia dan nonmanusia dalam menggerakkannya untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan yang berbasis teknologi pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, mulai pendidikan dasar sampai menengah. Berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan mutu peningkatan pendidikan yang cukup menggembirakan tetapi  sebagian lainnya masih memperihatinkan. Diantara faktor tersebut adalah rendahnya motivasi guru menggunakan aplikasi pada android sebagai media pembelajaran sehingga para guru ketinggalan akan informasi yang berkaitan dengan teknologi.

Peserta didik terkadang hanya memikirkan bagaimana agar mencapai standar pendidikan saja, bukan bagaimana agar pendidikan yang diambil efektif dan dapat digunakan. Tidak perduli bagaimana cara agar memperoleh hasil atau lebih spesifiknya nilai yang diperoleh, yang terpenting adalah memenuhi nilai di atas standar.

Dengan alasan inilah Organisasi IGI Pusat melakukan gerakan ( ToT ) Traning of Trainer  Literasi Produktif Berbasis Android dan bekerja sama dengan salah satu perusahaan besar dan canggih dalam bidang komunikasi dan elektronik di Indonesia PT. Samsung Indonesia yang kegiatannya dilaksanakan mulai tanggal 6 s/d 9 Oktober 2016 di Gedung LPMP Surabaya Jawa Timur.

Training of Trainer ini dilakukan di lakukan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Indonesia yang berbasis android dengan mengundang para guru guru yang ada di daerah seluruh Indonesia yang mempunyai berpotensi dalam dunia pendidikan melalui IGI Cabang daerah masing masing. Maka dari itu PT. Samsung Indonesia sangat berperan penting pula dalam gerakan Literasi ini. PT. Samsung Indonesia meluncur salah satu produknya yang canggih dan sangat membantu para guru yang menjadi peserta ToT tersebut, nama produknya adalah Samsung Tab A8.

Samsung Tab A8 ini mempunyai fitur fitur yang canggih serta aplikasinya. Alat ini sangat membantu peserta dalam berbagi hal, misalnya, kita tidak perlu lagi repot repot mengetik dokumen baik dalam bentuk Microsoft Word, Excel, Powerpoint dll di PC atau Laptop, cukup menekan salah satu fiturnya di keybordnya bergambar microphone, maka kita bisa mengetik tanpa menggunakan tangan akan tetapi cukup menggunakan mulut. Mungkin orang lain heran dengan statement seperti itu karena belum melihat dan mencoba Samsung Tab A8 ini. Semua Apknya sangat mudah dipahami dan dijalankan

IGI Pusat melakukan pelatihan  ( ToT ) Traning of Trainer  Literasi Produktif Berbasis Android kepada semua guru yang menjadi wakil setiap daerah di Indonesia

Pemateri ataukah fasilitator  adalah orang yang ahli dari segala bidang pendidikan. Peserta di ajarkan beberapa materi dan dibentuk kelas atau kanal dan misalnya; komik, animation drawing,pembuatan Apk, penulisan karya ilmiah. Pembuatan blog dll dan masing masing mempunyai Brand Individu. Jumlah pesertanya 150 orang dan luar biasa semangat dan motivasi mereka mengikuti pelatihan tersebut. Antusias mereka sangat tinggi apalagi semuanya menggunakan Samsung Tab A8.

Guru guru ini lah yang menjadi fasilitator  akan kembali ke daerah masing masing yang akan melatih para guru di daerahnya dan akan mengadakan Pelatihan atau Workshop pula berbasis Android. IGI akan terus memantau dan membantu guru guru yang ada diseluruh Indonesia dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

 

Untuk kedepannya, dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, agar mutu dan kualitas seorang guru disarankan kepada semua guru guru di Indonesia agar bergabung di Organisasi Ikatan Guru Indonesia di daerah atau kota masing masing. Karena dalam organisasi ini sangat menunjang ilmu kita sebagai guru dan program program lainnya kedepan, kiranya bisa menjadi Guru Hebat dan literasi yang handal. (SAGUSANOV ) Satu Guru Satu Inovasi. Guru diharapkan mempunyai inovasi dan kreasi,ide ide cemerlang dan jangan ketinggalan penggunaan media pembelajaran yang berbasis Android.

Akhir kata, ucapan terima kasih yang setinggi tingginya kepada IGI dan PT.SAMSUNG INDONESIA, yang telah mengundang para guru guru untuk menimbah ilmu dan kreatif dengan SAGUSANOV, SAGUSATAB, SAGUSANDRAW, SAGUSABLOG dll, sehingga penulis mendapatkan inovasi dan inspirasi untuk membuat satu model pembelajaran yang sangat menarik.

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

MUJITABAH ABDULLAH, S.Pd
NTA. 201619150000210
SIDRAP
SULAWESI SELATAN

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here