TOC IGI di Kalsel Luar Biasa dan Inspiratif

0
708

Alhamdulillah, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Kalimantan Selatan telah berhasil menjalin kerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Selatan dan PT. Samsung Indonesia sehingga dapat melaksanakan pelatihan untuk para pengurus dan anggota IGI Kalimantan Selatan. Kegiatan yang diberi tajuk ” Training of Coach (TOC) Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Berbasis Digital” ini sangat membantu para pengurus ataupun anggota IGI. Para guru yang sangat berharap mempunyai pengetahuan tentang Kurikulum 2013 yang up to date serta dapat melaksanakan pembelajaran yang menarik di sekolah berbasiskan digital.

Acara TOC diikuti oleh anggota IGI di beberapa kabupaten/kota di Kalsel, yaitu IGI Kabupaten HST, IGI Kabupaten Balangan, IGI Kota Banjarbaru dan IGI Kota Banjarmasin serta dari pengurus Wilayah Prov. Kalsel. Peserta berjumlah 48 orang peserta terdiri dari 4 orang unsur pengawas sekolah, 2 kepala sekolah, dan 42 orang guru, ada dari guru PAUD, guru TK, guru SD atau MI, guru SMP atau MTs, guru SMA,SMK atau MA. Sungguh di organisasi IGI sangat memperhatikan peningkatan kompetensi guru di semua jenjang pendidikan.

Kami peserta TOC merasa sangat nyaman dengan keramahan Kepala LPMP, Abdul Kamil Al Marisi, terasa bertemu dengan keluarga dekat disaat beliau memberikan materi tentang Standar Kurikulum 2013. Adapun dengan widyaiswara yang memberikan ilmu tentang Kurikulum 2013, diawali oleh Bapak Sucipto yang sangat bersahaja dan sabar, dilanjutkan dengan Bapak Saifurrahman yang cerdas dan terampil menularkan ilmu bagaimana membuat karya tulis ilmiah, penghitungan angka kredit guru kepada peserta TOC. Widyaiswara ketiga adalah Bapak Arif Sri Wiyana, beliau sangat menginspirasi peserta TOC, dengan penyampaian materi yang sangat menarik, memberikan bahan – bahan tentang kurikulum 2013 kami rasa sangat maksimal.

Selain dari widyaiswara, peserta TOC juga mendapatkan materi pembelajaran berbasis digital. Diawali oleh Bapak Mampuono (Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat IGI). Beliau menerangkan apa dan bagaimana Hight Order Trainer Skill dan berbagai macam motivasi kepada peserta agar bisa jadi instruktur yang Hight Mind, berani keluar dari zona nyaman demi jadi instruktur atau guru yang profesional dan berprestasi. Kemudian dilanjutkan oleh Kang Dahli Ahmad (Pengurus Pusat IGI Bidang Organisasi dan Keanggotaan) memberikan ilmu yang berbasis digital agar guru dapat secara mudah menularkan ilmu kepada para siswa.

TOC ini adalah kerjasama dengan PT. Samsung Indonesia. Dari Samsung yang diwakili oleh Bapak Hendri sebagai instruktur dalam menyampaikan bagaimana menggunakan Tab Samsung A8. Sebuah produk yang sangat canggih, sehingga guru bisa menulis dengan mulut, membaca dengan telinga yang pertama kali diperkenalkan oleh Mas Sekjen, Mampuono. Beliau ini pula yang juga menyampaikan adanya gerakan ” SAGUSATAB” Satu Guru Satu Tablet.

Selain pak Mampuono dan kang Dahli, di TOC ini peserta juga diberikan ilmu-ilmu digital oleh bu Hj. Khusnul, pak Yoel, pak Arbain dan pak Halim, pak Adnani, pak Hadi pak Ahyani,bu Hj. Noorbaytie dan pak Gusti Surian,yang merupakan alumni TOT IGI di Surabaya. Terima kasih IGI, terima kasih atas ilmu yang diberikan. Makin Bangga jadi Anggota IGI.

Selamat Ulang Tahun IGI yang ke 7, Jaya Selalu Di Bumi Indonesia !

Banjarbaru, 22 Nopember 2016.

Alfian Wahyuni, S.Pd.I
Peserta TOC IGI di LPMP Kalimantan Selatan
KTA. 201615130000003

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here