Pelatihan bagi Pelatih IGI Kutai Timur

0
687

By Imam Syafii, S. Ag., M. Pd *)

Sebanyak 27 dari 30 peserta yang terdaftar sebagai peserta training of course tampak antusias mengikuti pelatihan dengan tema optimalisasi tablet untuk kegiatan pembelajaran yang digelar oleh ikatan guru Indonesia IGI Kutai Timur. Pelatihan yang direncanakan berlangsung hingga 28 Desember tersebut dilaksanakan untuk memperkenalkan penggunaan tablet dalam pembelajaran literasi di sekolah. Trainer nasional Sismanto HS dan Imam Wahyudi Al-Blitary tampil sebagai pemateri dalam kegiatan perdana yang di mulai pukul 07.30 sampai dengan 15.00 WIB.

Bebeberapa aplikasi yang diperkenalkan seperti Hand writing input, sparkol videoscribe, script collection, EZ cast dan video outrider membuat peserta enggan meninggalkan ruang kelas SMP YPPSB Swarga Bara sebelum acara berakhir. Maklum program tersebut terbilang baru dan jarang dimanfaatkan oleh pendidik. Sebut saja voice outRider aplikasi pembuat transkrip ini sangat membantu penelitian, pembelajaran, dan pengembangan sastra lisan (folklor) bagi guru bahasa Indonesia, dengan modal gadget yang tidak terlalu mahal siswa dan guru dapat melakukan transkripsi tanpa membutuhkan waktu lama.

Sesi penulisan reportase kegiatan oleh Sismanto HS

Aplikasi lain yang juga membuat antusias peserta TOC adalah comiclife.3.1.2. program pembuat komik ini diharapkan membantu visualisasi konsep pelajaran kepada siswa. “Yah..biar tidak melulu metode ceramah” komentar Bejo; salah satu peserta.

Dalam penutup sesi hari ke-2 ini, Sismanto berharap agar kegiatan serupa menjadi ikhtiar bagi IGI untuk berpartisipasi dalam usaha besar mencerdaskan anak bangsa. Semoga

*) Peserta TOC Literasi Produktif IGI Kabupaten Kutai Timur

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here