Meriahkan Harkitnas, IGI Flotim Luncurkan Buku & Gelar Talkshow

0
153

Meriahkan Harkitnas, IGI Flotim Luncurkan Buku & Gelar Talkshow

Oleh : Kamsudin Ridwan, M.Pd
(Wakil Ketua IGI Flotim)

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur luncurkan buku perdana karya guru dan siswa Flores Timur dan sekaligus menggelar talkshow di pelataran SMPS Mater Inviolata Larantuka (20/05/19).

Sebanyak 14 judul buku karya guru dan siswa Flores Timur yang dilaunching oleh Wakil Bupati Flores Timur dan dirangkai dengan kegiatan talkshow. Kegiatan dimaksud berlangsung dari jam 09.00 pagi hingga pukul 15.00 WITA. Hadir dalam kegiatan tersebut: Wakil Bupati Flores Timur, Kabid Pembinaan SD dan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Flores Timur, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Flores Timur dan juga para pegiat literasi.

Kegiatan talkshow menghadirkan 3 orang narasumber, yakni Agus Payong Boli, SH (Wakil Bupati Flores Timur, aktifis muda), Drs. Bernadus Tukan (pegiat literasi dan Budayawan), dan P. Hendrikus Kerans, SS., M.Hum. SVD (dosen/akademisi/direktur penerbit Nusa Indah Maumere dengan moderator Pak Silvester Within. Kegiatan talkshow dilaksanakan selama 45 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dalam sambutannya, Ketua IGI Flotim menjelaskan, “Bahwa ada dua hal pokok yang disampaikan. Pertama: terkait dengan organisasi IGI dan perkembangannya khususnya di Kabupaten Flores Timur dan yang kedua terkait dengan pelaunchingan buku”, terang Frans Berek dengan nada optimis.

Ketua IGI Flotim, Frans Berek sapaan akrabnya menerangkan bahwa organisasi IGI secara nasional sudah berdiri sejak tahun 2009 lalu sebagai embrio dari Klub Guru Indonesia (KGI). Sedangkan di Kabupaten Flores Timur, IGI baru lahir satu tahun yang lalu, yakni pada tanggal 13 Januari 2018 dan dikukuhkan secara resmi oleh pengurus IGI pusat pada tanggal 17 Maret 2018.

Frans Berek melanjutkan bahwa semenjak IGI Flotim resmi dikukuhkan sebagai organisasi profesi guru cabang Flores Timur, saat itulah IGI Flotim mulai bergerak dan terus bergerak membantu guru dan siswa dalam rangka meningkatkan kompetensi. Berbagai program kerja telah dilaksanakannya, diantaranya adalah IGI Flotim pada tahun 2018 telah menghadirkan dua kanal pelatihan nasional, yaitu gerakan Sagusaku (Satu Guru Satu Buku) dan Sagumanisan (Satu Guru Mahir Penilaian Berbasis Android).

Salah satu program IGI Flotim yang gencar dan getol dilaksanakan dari sekolah ke sekolah selama rentang waktu satu tahun terakhir adalah Gelis (Gerakan Literasi). Kurang lebih 10 sekolah yang tersebar di beberapa titik di Kabupaten Flores Timur yang berhasil dijamah oleh IGI Flotim dalam bentuk wisata literasi. Hasil dari lawatan tersebut hari ini puji Tuhan kita buktikan dengan meluncurkan 14 judul buku karya guru dan siswa dan program Gelis ini ke depannya akan terus berlanjut sehingga paling tidak IGI Flotim setiap tahunnya akan terus melahirkan buku-buku karya guru dan siswa yang akan menghiasi dinding-dinding perperpustakaan sekolah di Flores Timur.

Wakil Bupati Flores Timur, Agus Payong Boli, SH dalam sambutannya saat membuka kegiatan memberikan apresiasi dan penghargaaan yang setinggi-tingginya kepada Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Flores yang telah berperan aktif mendukung pemerintah dalam rangka mewujudkan Kabupaten Flores Timur sebagai Kabupaten literasi. Pada kesempatan itu juga Agus Payong Boli memberikan tantangan yang menggelitik dan kritik yang tajam kepada IGI Flotim untuk menghasilkan karya buku yang bersifat ilmiah (buku-buku hasil penelitian ilmiah) karena menurut beliau buku-buku yang launching dari 14 judul buku itu cuman beberapa buku saja yang bersifat ilmiah (non fiksi), sebagian besar buku-buku yang launching masih berbau fiksi berupa puisi dan kisah inspiratif sehingga beliau menegaskan untuk ke depannya IGI ditantang untuk menghadirkan buku-buku yang berbau ilmiah melalui hasil penelitian yang beliau sebut sebagai literasi research.

Comments

comments