Kaltim Post Group Siap Bersinergi dengan IGI untuk Tingkatkan Literasi

0
1074

Balikpapan, IGI – Tepat pukul 22.00 WITA semalam, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam dari tenggarong, Sekjen Ikatan Guru Indonesia (IGI), Mampuono, diterima berkunjung di kantor Kaltim Post Grup Balikpapan. Di ruang konferensi Gedung Biru itu sekjen disambut oleh salah satu pimpinan redaksi Kaltim Post bernama Rizki.

Dalam kesempatan itu Sekjen  didampingi Suparno, Sutopo Gasif, Ridwansyah dan Agus serta beberapa pengurus dan pembina IGI setempat. Sekjen mengatakan bahwa IGI memiliki program-program yang sangat berkesesuaian dengan misi yang diemban oleh Kaltim Post. IGI sedang terus-menerus membangun literasi para guru dengan memberdayakan penggunaan IT. Program-program seperti Sagusatab (satu guru satu tablet), Sagusanov (satu guru satu inovasi), Sagusaku (satu guru satu buku), Sagusablog ( satu guru satu blog), Menemu Baling (menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga) metode menulis berita Asikadamba (Apa, Siapa, Kapan, Dimana, Mengapa, dan Bagaimana) dan lain-lain sedang digalakkan ke seluruh tanah air. Program-program tersebut sangat mendukung percepatan literasi dan sangat paralel dengan visi misi perusahaan penghasil mass media seperti Kaltim Post.

Kaltim Post sendiri siap untuk bisa saling bersinergi dengan IGI. Bahkan siap menggunakan CSR-nya untuk menyelenggarakan program-program penggalakan literasi. IGI mengusulkan supaya ada MOU antara kedua belah pihak untuk melatih guru-guru Kaltim sekaligus hasil tulisan mereka bisa digunakan untuk mengisi ruang-ruang edukasi dalam terbitan Kaltim Post.

Pihak Kaltim Post menjelaskan bahwa saat ini perusahaan penerbitan itu memiliki ruang di dalam penerbitannya untuk diisi oleh para guru. Namun mereka sendiri merasa kesulitan untuk mendapatkan konten edukasi. Tidak banyak guru yang menulis dan mengirim dan hasil karya mereka di Kaltim Post.

Selama ini untuk bisa memunculkan artikel artikel tentang edukasi, wartawan mereka harus hunting sendiri. Mereka harus memburu, mencari, atau bahkan mengais berita di kantor dinas pendidikan. Mereka mencari informasi terkini tentang event pendidikan yang saat itu sedang digelar, hal- hal baru, atau adanya guru-guru atau siswa yang mendapat prestasi. Jika tidak ada yang patut diberitakan mereka akan berburu sampai ke sekolah-sekolah untuk mendapatkan berita-berita yang layak terbit.

Pertemuan yang berlangsung 1 jam lebih tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan penyusunan kerjasama antara kedua pihak secara lebih serius. IGI Balikpapan dan IGI wilayah Kalimantan Timur akan segera berkonsolidasi untuk bisa segera mewujudkan program-program kerjasama peningkatan literasi di Kalimantan Timur dengan Kaltim Post.
MRT
# menemubalinglah5menit.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here