Hadapi Revolusi Industri 4.0, IGI Wonogiri Adakan Workshop Pemanfaatan TIK Pembuatan Media Pembelajaran

0
123

IGI Kabupaten Wonogiri bekerjasama dengan Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Workshop Pemanfaatan TIK Pembuatan Media Pembelajaran dengan VideoScribe bertempat di RM Alami Sayang 2 diikuti oleh 73 guru dan kepala sekolah. Workshop ini dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, Drs. Sriyanto, MM. Seksi PTK TK-PAUD, Kepala seksi PTK SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, dan narasumber dari Pustekkom Kemendikbud, Syarif Hidayatullah, S.Pd. dan duta rumah belajar Pustekkom Kemdikbud, Tukijo, S.Pd.

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri Drs. Sriyanto, M.M bahwa kegiatan pembelajaran TIK ini sangat mendukung sekali terutama bagi guru-guru guna meningkatkan kompetensinya. Untuk kegiatan berikutnya Dinas Kabupaten Wonogiri mempersilakan IGI Wonogiri mempergunakan aula Dinas Pendidikan jika membutuhkan tempat-tempat pelatihan. Karena kegiatan yang positif perlu didukung bersama.

Ketua panitia Ike Kuswardani, S.Pd. SD dalam laporannya menjelaskan bahwa kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi di dunia terus berkembang. Kemampuan peserta didik dalam mempelajari TIK juga sangat pesat. Guru sebagai tenaga pendidik tentu saja tidak boleh tertinggal dalam kemahiran menggunakan TIK. Salah satunya adalah dalam pengembangan media pembelajaran.

Guru dapat membuat sendiri media pembelajaran berbasis multimedia dengan berbagai software, salah satunya adalah VideoScribe. VideoScribe dinilai sederhana dan mudah digunakan oleh guru di berbagai jenjang pendidikan, untuk nantinya menghasilkan media pembelajaran yang menarik didukung aplikasi lainnya.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan TIK khususnya penggunaan VideoScribe dalam pembuatan video pembelajaran, meningkatkan semangat belajar siswa, karena guru menjadi terampil menyusun media, dan meningkatkan jumlah media pembelajaran untuk beragam materi pelajaran.

Dengan mengikuti kegiatan ini nantinya diharapkan peserta pelatihan dapat menjadi mahir dalam pemanfaatan teknologi khususnya VideoScribe, gemar berinovasi khususnya dalam pembuatan media pembelajaran, meningkatkan jumlah konten media pembelajaran agar dapat dimanfaatkan oleh siswa, dan mengenal portal rumah belajar dan memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan.

Pada workshop ini, juga diperkenalkan penggunaan fitur WebEx dalam kegiatannya. Penggunaan fitur WebEx ini sudah dilakukan pada pelatihan VCT yang pada saat ini telah sampai pada batch 5. Pada pembukaan kegiatan “dihadiri” pula Ketua Umum IGI Pusat, Muhammad Ramli Rahim (MRR) dengan difasilitasi WebEx, dikarenakan saat ini MRR sedang berada di Makasar.

Pada sambutannya, MRR mengapresiasi IGI Kabupaten Wonogiri sebagai organisasi IGI yang paling aktif dibandingkan dengan IGI di wilayah lain. IGI Pusat akan memberikan reward pada anggota IGI yang terbaik berdasarkan kriteria yang ditetapkan IGI Pusat bersamaan dengan event Anugerah Guru.

Comments

comments