Bupati dan Kadisdik Kendal Dukung IGI, Tingkatkan Kompetensi Guru

0
122

Selasa siang, 30 April 2019, para pengurus dan anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Kendal bersilaturahmi ke kantor Bupati Kendal. Delegasi IGI diwakili oleh Kang Widi, Jaitu Rohman, Yoshi R, Sukasmo, Haryoko, Sukajiyah dan Mugiyem disambut oleh Bupati Kendal, Mirna Annisa beserta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal (Disdikbud), Drs. Agus Rifai, M.Pd. beserta jajarannya.

Banyak hal dibicarakan dalam pertemuan ini terutama yang terkait dengan kemajuan pendidikan di Kabupaten Kendal khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Pertemuan berlangsung santai dan terkadang diselingi humor. Kang Widi yang saat ini duduk sebagai salah satu Pengurus Pusat IGI mulai memperkenalkan IGI sebagai organisasi profesi guru. Dia juga mengungkapkan bahwa selain silaturahmi dan merajut persaudaraan, IGI Kendal juga bermaksud menyamakan persepsi terkait kegiatan peningkatan kompetensi guru khususnya di Kabupaten Kendal.

Banyak kanal kegiatan IGI yang belum banyak diketahui masyarakat. Dari mulai kegiatan literasi dan Publikasi, Satu Guru Satu Buku (Sagusaku), Satu Guru Satu Tablet (Sagusatab), Satu Guru Satu Video Pembelajaran (Sagusavi). Sampai kewirausahaan, Bisnis On line, Tata kelola niaga IGI, Pengusaha inspiratif, Pelatihan Teacherpreneurship sampai pengenalan IT, blog dan sebagainya.

Ikatan Guru Indonesia (IGI) merupakan organisasi profesi guru yang disahkan oleh pemerintah melalui SK Depkumham Nomor AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009. Mesti bisa sinergi dengan semua kalangan dan saling kerjasama.

“Seiring tuntutan dan perkembangan teknologi, guru seharusnya juga melek teknologi dan mengikuti perkembangan zaman. Hal ini kemudian menjadi konsen IGI dalam berbagai kegiatannya. Karenanya dibutuhkan dukungan pihak eksekutif di daerah termasuk dalam hal ini Dinas Pendidikan.” Ungkap kang Widi yang masuk 50 ASN inspiratif 2019.

Dilain pihak Bupati menyambut baik kunjungan silaturahmi ini dan siap mendorong dan mendukung kegiatan-kegiatan IGI. “Ke depan IGI bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan di Kabupten Kendal.” Kata Ibu Mirna.

Mirna juga meminta Disdikbud Kabupaten Kendal ikut memfasilitasi kegiatan peningkatan mutu pendidikan yang diadakan oleh IGI. Sehingga bisa berjalan lancar terutama dalam hal pendanaan. Untuk bisa ada dukungan dan kemudahan pelaksanaannya.

Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Drs. Agus Rivai, M.Pd. merasa senang dan mendapat dukungan mitra dalam pengentasan melek teknologi. Yang sering kegiatan berupa peningkatan kompetensi guru diinisiasi oleh teman-teman IGI.

Acara dilanjutkan ramah tamah, foto bersama dan menikmati kudapan yang disediakan.

Disampaikan pula dalam waktu dekat IGI akan mengadakan kegiatan pelatihan di bulan Juli 2019. Dengan narasumber Kang Widi. Sebagai guru berprestasi nasional. Berupa pelatihan Sagusavi di daerah Sukorejo untuk semua guru baik SD sampai SMA.

Ref./foto: Edy Siswanto.

Comments

comments