WEBINAR VIRTUAL GERAKAN LITERASI DIGITAL 2021 KOTA PADANG Ketum IGI Pusat Ambil Bagian dalam Gerakan Literasi Digital Sumatera

0
1026

Padang, IGI.OR.ID- Era digital harus diakui bahwa keberadaannya tidak bisa dihindari dan saat ini sudah masuk di setiap lapisan masyarakat, termasuk dalam setiap tingkat dalam dunia pendidikan.

Meski demikian mau tidak mau, diperlukan kecerdasan dan kesadaran dalam memahami dunia digital, kalau tidak hal tersebut dapat menjadi bumerang, bahkan dapat menghancurkan nilai-nilai yang dibangun dalam dunia pendidikan itu sendiri.

Menyikapi hal itu, sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia telah meluncurkan 4 (empat) modul literasi digital, yaitu; (1) Budaya Bermedia Digital; (2) Aman Bermedia Digital; (3) Etis Bermedia Digital; dan (4) Cakap Bermedia Digital.

Modul-modul tersebut dilaksanakan di 34 provinsi, 514 kabupaten/kota sampai akhir tahun ini, dan secara berkesinambungan akan dilakukan di tahun-tahun berikutnya sampai akhir masa kerja kabinet sekarang.

Kegiatan yang dihelat oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia ini bekerjasama dengan PT PCI.

Senin (21/6) kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital untuk Kota Padang melalui webinar virtual melalui aplikasi zoom kembali dihelat untuk ketigakalinya dan berlangsung dari pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

(foto: Novrizal Sadewa)

Sebanyak 1020 peserta terdatar dalam iven kali ini, mereka berasal dari pelajar, guru, ASN dan mahasiswa yang tidak hanya berasal dari Kota Padang tetapi dari seluruh Indonesia, pasalnya Danang Hidayatullah yang merupakan Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Danang yang tampil membawakan materi Keterampilan Digital dan Online Learning tampaknya banyak menarik perhatian para guru untuk ikut dalam iven ini dan dibuktikan dengan jumlah peserta yang menembus angka 1000.

Pembicara lainnya adalah, Meida Rachmawati, S.E.,M.M.,M.H (Dosen & Direktur Nusantara Training and Research), Ninuk Williani, S.Si., M.Kom. (Dosen & Youth Education Observer), serta Dr. Erianjoni, S.Sos.,M.Si. (Sosiolog, Dosen Universitas Negeri Padang)

Moderator dalam iven kali ini adalah Azzura Intan, selain itu juga ada Key Opinion Leader @chachaannissa yang merupakan News Anchor TVOne yang juga seorang dosen.

Salah seorang peserta Junedi, S.Pd., M.Ed., M.Sc., P.hD (c) mengajukan pertanyaan kepada narasumber Meida Rachmawati.

Menurut Junedi, demographic characteristics sangat signifikan dalam pencapaian keberhasilan online learning. Bagaimana cara mengatasi kendala tersebut dan bagaimana kebijakan pemerintah untuk mengatasi masalah dari sisi tenknis dan banyaknya tenaga pengajar dan pendidik maupun peserta didik yang masih kaku dengan online learning.

Sementara peserta Yusuf Haryono YS juga bertanya kepada narasumber Meida Rachmawati, tentang bagaimana tindak lanjut sebagai orang tua ketika mengetahui bahwa anaknya terpapar internet negatif melalui link yang dibagikan oleh temannya dan ternyata temannya ini juga masih dibawah umur.

Selain itu juga ditanyakan apa hal yang harus dilakukan oleh orang tua kepada anaknya sendiri maupun juga kepada teman anaknya ketika mengetahui hal tersebut, bagaimana tindakan terbaiknya

Sementara itu peserta lainnya Sudjatmiko bertanya kepada narasumber Ninuk Wiliani, tentang bagaimana cara menanggani bila siswa yang sudah kecanduan game online dengan cara yang santun tapi siswa jadi sadar dan tidak ketergantungan lagi game online

Sementara itu, Willy Aji Pangestu bertanya kepada narasumber Dr. Erianjoni

tentang, bagaimana fungsi proteksi, fungsi sosialisasi, fungsi sfeksi, dan fungsi ekonomi saling terkait dan terhubung dalam mengeliminasi aksesibilitas terhadap pornografi diera digital & ditengah pandemi saat ini ?

Kegiatan berikutnya dari Gerakan Nasional Literasi Digital berikutnya akan dilaksanakan oleh Kabupaten Solok (23/6) yang akan datang sekitar pukul 14.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Adapun pembicara yang akan menyampikan pokok pikiranya adalah Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Solok dan Kepala SMP 5 Kubung.

Setiap peserta yang mendaftar dan mengikuti webinar ini akan mendapatkan fasilitas berupa E- sertifikat dari Kominfo dan Voucher E-Money.

Comments

comments