Ribuan Guru Ikuti “Bincang Santai” Via Daring Bersama Dirjen GTK Kemdikbud dan Ketum IGI

0
624

Beberapa waktu lalu ada pergantian pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Salah satunya adalah pada posisi Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang dijabat oleh Dr. Iwan Syahril, Ph.D. Untuk mengetahui visi Dirjen baru ini dalam Pendidikan, khususnya terkait dengan guru maka Ikatan Guru Indonesia (IGI) mengundang pak Dirjen baru ini untuk berbincang-bincang santai melalui daring/online. Rabu, 13 April 2020.

Sadar (Sarasehan Dalam Jaringan) IGI, sebagai salah satu kanal pelatihan IGI ditunjuk untuk menyelenggarakan bincang-bincang ini. Koordinator Sadar IGI, Khairuddin, yang juga bertindak sebagai moderator menyebutkan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) jam, dari pukul 11.00 sd 13.00 WIB.

Selama bincang-bincang berlangsung, ada lebih dari lima ratus partisipan guru yang bisa masuk dalam room. “Seperti biasa, kita pakai platform Webex dalam setiap kegiatan Sadar, dan untuk acara Bincang-bincang dengan Pak Dirjen ini tercatat ada 531 orang partisipan yang bisa masuk bergabung”, ungkap Ummi Tira, Host dalam kegiatan ini.

Sementara guru-guru lain mengaku tidak bisa masuk ke room Webex yang sudah dipublikasi sebelumnya. Rusnani, Ketua Harian IGI mengaku beberapa kali mencoba masuk, tetap tidak bisa. “Mungkin karena jaringan ya…, internetnya mungkin sedang lelet”, ungkapnya.

Mereka yang tidak bisa masuk ke room Webex ini kemudian diarahkan ke beberapa channel youtube yang juga menyiarkan secara live. Bedanya mereka yang ikut via youtube ini tidak bisa ikut berbicara.

Ada 3 channel youtube yang diplot untuk menyiarkan secara live streaming, yaitu:

  1. Digital TV IGI Maluku : https://youtu.be/GAQVaZya2_c
  2. IGIBali TV: https://youtu.be/Eb76IkxKNq0
  3. Kanal Sagusavi: https://www.youtube.com/watch?v=QM8_94-iXh0

Made Mahendra, penanggung jawab IGIBali TV mengungkapkan bahwa selama kegiatan berlangsung ada 261 orang yang menyaksikan secara live melalui channel IGIBali TV. Sementara di channel DTV IGI Maluku disaksikan oleh 263 orang ungkap Ode, Ketua IGI Maluku. Sedangkan di channel Kanal Sagusavi yang digawangi oleh Kang Widi menyebutkan ada 73 orang yang ikut bergabung. Dengan demikian ada lebih dari seribu partisipan yang ikut bergabung dalam kegiatan bincang-bincang dengan pak Dirjen dan ketum IGI ini.

Rekaman acara bincang-bincang ini kemudian dishare pula melalui akun youtube Ummi Tira (Host Kegiatan) yang bisa dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=ZB8-FpKGiE8

Bagi yang tidak sempat mengikuti kegiatan ini bisa mengklik 4 link akun youtube di atas.

Ref./Foto: Hlm

 

 

 

Comments

comments