Jakarta, IGI.OR.ID.- IGI hadir berbagi praktik baik dalam kegiatan Annual Joint Sector Review (AJSR) yang diselenggarakan oleh Mitra Pendidikan Indonesia (MPI) di bawah kepemimpinan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Agama (Kemenag) pada tanggal 16-17 Oktober di Le Meridien Hotel Jakarta, Kamis [17/10/2024].
Mintra pendidikan Indonesia (MPI) untuk Global Partnership for Education (GPE) merupakan konsorsium pendidikan lintas pemangku kepentingan yang berkomitmen dan mendukung pendidikan berkualitas inklusif dan merata di Indonesia. MPI terus berkolaborasi bergotong-royong dan menguatkan ekosistem guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sehingga semua anak memiliki akses ke pembelajaran bermakna.

Bagian dari upaya tersebut MPI bersama Direktur Jenderal pendidikan Islam Kementerian Agama mengundang unsur lembaga pemerintah, mitra pembangunan, organisasi masyarakat, organisasi guru, pimpinan sekolah, dan sektor swasta untuk berpartisipasi dalam Annual Joint Sektor Review (AJSR) 2024 yang mengusung tema “Scaling up to ensure quality implementation of National education police and programmes in a sustainable and equitable manner”.
Seluruh peserta merefleksikan pencapaian dan tantangan yang telah dihadapi sepanjang tahun melalui perspektif berbagai pemangku kepentingan. Sesi refleksi menjadi kesempatan berharga untuk menghubungkan poin-poin kunci hasil diskusi.

IGI merefleksikan pencapaiannya yang disampaikan oleh Pusat Kerjasama dan Hubungan Internasional PP IGI, Jasmin Suryadi dan Anang Anandiar, Bidang Organisasi dan Kelembagaan, Ary Widi Kristiani dan Shinta.
Dalam refleksinya IGI berbagi praktik baik antara lain yang dipaparkan oleh Anang Anandiar pada panel discussion tentang “Education system transformation through Merdeka Belajar”. Jasmin Suryadi memaparkan “Strengthening pre -primary education to ensure school readness and transition“,
- How can schools best support teacher to prepare children to transition from pre –primary to primary school, particulary concerning foundational learning ?
- What are the roles of key stakeholders in providing holistic and integrated early children education ?
- What kinds of assessment should teachers conducted with student at the primary level to best support their learning and development
Ary Widi Kristiani memaparkan tentang “Understanding the dinamics of local education ecosystems supporting improved policy planning and implementationfor quality learning”, dan Shinta tentang “Strengthening character education though project-based leaning opproaches”.

Diskusi berlangsung dinamis, menggali berbagai pendekatan inovatif yang diharapkan dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi yang lebih erat ke depan.
Danang Hidayatullah, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) menyampaikan bahwa peran aktif IGI dalam AJSR 2024 merupakan spirit IGI untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan jejaring mitra pendidikan baik di tingkat Lokal maupun Internasional. [RK]