RAKERWIL IGI SUMSEL SUKSES, GURU IGI HARUS BISA MENJADI BBM

0
599

PALEMBANG, IGI.OR.ID- Bertempat di Hotel Carissima Palembang, Pengurus Wilayah Ikatan Guru Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sukses menggelar Rapat Kerja Wilayah (rakerwil) dengan tema Optimalisasi Peran Ikatan Guru Indonesia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan, Jum’at (21/5). Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Riza Fahlevi.

Dalam sambutannya, Riza mengatakan bahwa IGI merupakan organisasi profesi yang murni dari guru, oleh guru, dan untuk guru.
“Beginilah organisasi profesi guru yang sebenarnya. Yang menjabat sebagai pengurus IGI adalah guru semua. Bukan Kepala Dinas atau Kepala Daerah. Karena yang memahami kondisi dan kebutuhan guru adalah guru itu sendiri ,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, hadir Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Danang Hidayatullah, yang melantik dan mengukuhkan para pengurus wilayah IGI Provinsi Sumatera Selatan. Danang berharap IGI Sumsel terus berkembang, baik dari kuantitas maupun kualitas, dan bisa menjadi role model bagi wilayah-wilayah yang lain. Danang juga mengapresiasi kepemimpinan Aswin selama menjadi Ketua Wilayah di periode sebelumnya yang sukses mengembangkan IGI Sumsel.

Lebih lanjut Danang menjelaskan betapa pentingnya kaderisasi kepemimpinan dalam organisasi.
“Pemimpin yang sejati bukanlah pemimpin yang berhasil mengatasi semua masalah yang ada. Akan tetapi bagaimana pemimpin ini bisa mensinergikan semua potensi-potensi yang ada di bawah kepemimpinannya,” jelas Danang.

Selain dihadiri para pengurus wilayah IGI Sumsel, kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekjen IGI, dewan pembina, dewan pakar dan dewan kehormatan IGI Sumsel, serta para Ketua Daerah IGI di wilayah Sumsel.
Dalam arahannya, salah satu Dewan Pakar IGI Sumsel, Firdaus, M.M. mengatakan bahwa guru harus bisa menjadi BBM.
“Peran guru adalah BBM. Berkiprah, Berkarya, dan Menginspirasi. Jadi, guru IGI harus jadi BBM” terang Firdaus memotivasi.

Rakerwil ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu Jumat dan Sabtu. Semua peserta tampak antusias dan berpartisipasi aktif. Selain bertujuan untuk menghasilkan program kerja pengurus wilayah, kegiatan ini juga menjadi ajang saling suport antar pengurus IGI. [Wf]

Comments

comments