PHBA Ala IGI, Meminimalisir Kecurangan Peserta Didik Dalam Ujian

0
288

Hari ini (Sabtu, 23/02/2019) bertempat di SSLC Makassar, telah berlangsung kegiatan pelatihan pembuatan soal Ujian ala IGI. Dengan memadukan beberapa aplikasi, Muhammad Zia-Ulhaq sang pelatih handal dari Makassar mampu melatihkan guru-guru dalam membuat soal ujian online.

Ada satu hal yang menarik dalam pelatihan pembuatan soal ujian online ini. Para guru diajarkan membuat setting Handphone peserta didik agar tidak bisa berbuat kecurangan. Layar HP peserta didik terkunci untuk mencari bantuan jawaban, bahkan hanya untuk screenshot layar sudah tidak memungkinkan lagi. Soal juga sudah di atur menampilkan countdown timer nya sehingga peserta didik mengetahui sisa waktu mengerjakan soalnya.

Kegiatan kali ini termasuk kanal Sagubamper yang segera beliau launching sebagai salah satu kanal baru dalam pelatihan-pelatihan IGI. Antusias peserta dalam kegiatan yg membatasi jumlah peserta hanya 20 orang ini luar biasa, pengelola SSLC terpaksa menambah kursi masuk ke dalam ruang belajar.

Imran Rosyadi selaku salah satu tim pengelola SSLC mengatakan, kegiatan di SSLC kali ini termasuk dalam kegiatan rutin yang bertemakan WOW (Workshop on Weekend). Setiap akhir pekan SSLC mengupayakan ada kegiatan pelatihan oleh dan untuk guru-guru anggota IGI yang berada di sekitar Makassar.

Besok harinya (Ahad,24/02/2019) akan dilaksanakan pelatihan dengan kanal Sagusaplet Satu Guru Satu Padlet oleh Foundernya langsung yakni Bapak Kasman, M.Pd. Diarenakan keterbatasan kursi belajar, maka pendaftaran kegiatan WOW hanya di muat ke dalam grup WA Info Pelatihan SSLC Gagak. Jika ada yang berminat untuk bergabung dalam kegiatan ini baik sebagai pelatih maupun peserta silahkan kontak via WA ke 085340094388.

Semoga dengan kegiatan WOW di SSLC, walaupun skala kecil tapi mampu memberi manfaat besar bagi peningkatan kualitas guru Indonesia.

Comments

comments