Peduli Kekerasan Perempuan dan Anak, IGI Wonogiri Tarik Facebook Indonesia YCAB ke Wonogiri

0
573

Wonogiri, IGI.OR.ID- Tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Wonogiri, mendorong Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wonogiri untuk ikut andil turun tangan. Sebagai organisasi profesi guru, IGI Wonogiri mempunyai peran strategis dalam hal ini. Anak-anak tentunya tidak lepas dengan peran sekolah dan guru. Salah satu faktor penyebab kekerasan terhadap anak adalah dampak penggunaan gadget dan akses media sosial yang tanpa kontrol dan tentunya tanpa adanya edukasi terhadap anak-anak.
Berbekal koneksi dan komunikasi pada tanggal 3 Juni 2021 IGI Wonogiri melalui Eko Siswanto dengan Dwi Rizki Nur’aini (Project Manager Program Mastercard Girls4Tech) Yayasan Cinta Anak Bangsa Foundation sebagai mitra Facebook Indonesia, mengambil dua program yaitu Projek STEM Mastercard Girl for Tech dan Facebook Asah Digital. Dua program ini kemudian ditawarkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dan mendapat sambutan baik dari Kepala Dinas P dan K Wonogiri. “Program yang sangat bagus untuk anak-anak kita, mengedukasi tentang Sains Teknologi Enginering Matematic memalui smartphone. Selanjutnya guru-guru kita akan dibekali tentang edukasi bagaimana menjadi warga digital yang baik dan tentunya akan memberikan pengimbasan kepada para siswa”, kata Yuli Bangun Nursanti, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri.

Program ini langsung ditindaklanjuti dengan melakukan sosialisasi secara daring kepada sekolah baik SD maupun SMP pada tanggal 11 dan 17 Juni 2021 dibawah komando Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Wonogiri, Retno Puspito Rini. “Program ini sangat cocok dilaksanakan oleh guru-guru kita, untuk yang STEM selaras dengan guru Matematika dan IPA sedangkan untuk Asah Digital sangat cocok dengan guru BK dan TIK dan bisa diikuti semua guru di kabupaten Wonogiri. Maka kita tekankan program ini untuk bisa segera dilaksanakan di jenjang SD dan SMP”, kata Retno yang juga bagian dari tim PPA Kabupaten Wonogiri.

“Sampai saat ini sudah terdaftar 79 guru pendamping STEM Mastercard Girls4Tech. Satu orang guru akan mendampingi 50 siswa, artinya program ini akan menyasar 3.950 siswa kita. Dan kita tentunya berharap akan bertambah lagi. Sedangkan untuk program Asah Digital baru akan dimulai bulan Juli nanti. Kita berharap dengan edukasi ini akan menambah pengetahuan guru dan siswa dalam berperilaku di dunia digital. Dapat membangun jejak digital yang positif, dapat menghindari phising, scam, menangkal berita hoax dan dapat memanfaatkan dunia digital secara positif”, ungkap Eko Siswanto.

Ketua IGI Wonogiri, Ria Sulistiyono berharap agar program ini dapat dilaksanakan dengan baik dan memberi dampak yang positif. “Program yang bagus ini tentunya dapat terlaksana berkat sinergitas antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, sekolah, guru, organisasi profesi guru, orang tua serta masyarakat. IGI Wonogiri siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri dan semua pihak terkait permasalahan pendidikan di Kabupaten Wonogiri. IGI Wonogiri siap membawa seluruh jejaring yang ada untuk masuk ke Wonogiri dengan program-program yang berkualitas dan tentunya gratis. Kita sudah sejak 2018 melakukan gerakan pemanfaatan smartphone untuk pembelajaran dan literasi, sebagai upaca pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Para guru kita ajak menggunakan hp untuk kegiatan pembelajaran, untuk menulis, bahkan untuk kegiatan seminar atau pelatihan”, imbuhnya.

Comments

comments