Kilau SAGUSARKO IGI Memikat Sumeks dan Guru Guru Muara Enim

0
94

Muara Enim /Jum’at 26 Juli 2019. Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Muara Enim bekerjasama dengan Harian Sumatera Ekspres, IWO (Ikatan Wartawan Online) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Muara Enim kemarin berhasil melaunching SAGUSARKO (Satu Guru Satu Artikel Koran). Mewakili Bapak Bupati Kabupaten Muara Enim, Indrayadi, S.H untuk memberikan kata sambutan. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ikatan Guru Indonesia (IGI) atas nama pemerintahan Kabupaten Muara Enim karena telah terselenggaranya workshop ini.

Ratmanudin selaku Kasi GTK di Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kebudayaan Muara Enim yang saat itu mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan secara langsung menyampaikan apresiasinya kepada guru-guru Muara Enim yang bersedia mengikuti workshop Sagusarko secara mandiri; swadana. Harapan beliau, para peserta bisa menulis artikel karya sendiri tanpa plagiat setelah mengikuti kegiatan ini.

Workshop yang diusulkan menjadi kanal baru IGI ini dibentuk atas hasil diskusi para Pengurus Daerah IGI Kabupaten Muara Enim beberapa waktu lalu. Berdasarkan petunjuk yang dituliskan di buku 4 dan 5 revisi terbaru edisi 2019 tentang perhitungan angka kredit guru, artikel bisa diikutkan untuk usul kenaikan pangkat. Berdasar pertimbangan tersebut, Pengurus Daerah IGI kabupaten Muara Enim sepakat untuk menggandeng harian Sumatera Ekspress, IWO (Ikatan Wartawan Online) dan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) untuk menyediakan wadah bagi para guru yang berada di Muara Enim untuk menulis artikel hingga bisa dimuat di media online maupun cetak.

Salah seorang pemateri, Rian Syaputra, S.E, disela penyampaian materinya turut memberi motivasi dengan meminta guru-guru untuk segera mengirimkan artikelnya ke harian Sumatera Ekspress sebelum 30 Agustus 2019 dan diprioritaskan untuk dimuat. Beliau pun kagum saat mengetahui banyaknya karya buku dari guru-guru Muara Enim.

Selain dari pihak Sumatera Ekspress, materi tentang penulisan outline, kiat penentuan judul yang menarik lalu menyusun kalimat pembuka pada artikel dibimbing pula secara langsung oleh Dra. Hj. Huzaimah, M.Pd.I, Bambang Sugiantoro, M.Pd dan Efierfita, S.Pd., M.MPd selaku Coach Nasional IGI.

Kegiatan workshop Sagusarko ini dilaksanakan selama tiga hari. Para peserta sangat antusias saat menerima materi, pula saat mempresentasikan artikelnya di depan kelas. Di akhir kegiatan, peserta diminta mengumpulkan tugas artikelnya di grup telegram yang sudah dibuatkan panitia penyelenggara kegiatan. Alhasil, guru guru memiliki pengetahuan tentang teknik menulis artikel dan pengirimannya ke media Sumatera Ekspress khususnya.

Eka Fitriani, S.Pd
(SMP Negeri 5 Muara Enim)

Comments

comments