Ketum IGI: “Cukupkan Dulu Gurunya, Baru Bicara Kualitas”

0
144

“Cukupkan dulu gurunya, baru bicara kualitas.” Tegas Muhammad Ramli Rahim, Ketum IGI dalam sesi Live Dialog Prime News CNN TV, (Senin,26/11).

Ketum IGI yang biasa disapa dengan MRR ini berbicara agak keras ketika membahas persoalan kekurangan guru. Menurutnya, persoalan guru saat ini sebelum meningkatkan kualitas harus dilihat pula kuantitas guru yang ada. Bahwa ada satu sekolah dengan 6 kelas hanya diisi oleh 1 guru PNS adalah kenyataan di dunia pendidikan kita. Sekolah pun harus mencari guru honorer untuk memenuhi ketercukupan guru.

Ketum IGI ini mengibaratkan seperti 10 truk yang hanya disopiri oleh 3 orang. Kita berupaya selalu melatih dan meningkatkan kompetensi 3 sopir ini, sementara yang 7 truknya nganggur. Akibatnya adalah munculnya ketimpangan.

MRR mengungkap bahwa tanpa APBN pun, IGI sudah bisa melatih 1,4 Juta guru dalam kurun waktu 3 tahun. Jadi tak mustahil jika anggaran pelatihan di Kemdikbud dialokasikan untuk pengangkatan guru.

Ketika kuantitas guru sudah tercukupi, dan ada pemerataan kesejahteraan semua guru honorer maupun PNS, maka baru kita bicara kualitas.

“Mengenai peningkatan kualitas guru, Yang paling penting sebenarnya adalah bagaimana guru kita dorong untuk meningkatkan kualitasnya sendiri”. Kata Muhammad Ramli.

Link video live dialog: bit.ly/part3-cnnketumigi

Comments

comments