Kanal Pelatihan IGI Sagusaku Kalimantan Tengah Launching Buku

0
178

Kalimantan Tengah, IGI.OR.ID- Kegiatan Launching Buku Karya Guru Penulis yang tergabung dalam Kanal Pelatihan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Satu Guru Satu Buku (Sagusaku) Kalimantan Tengah, berhasil dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 29 September 2021 di aula Dikominfo Sandik Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan dilaksanakan secara virtual dan faktual mengingat adanya pembatasan peserta kegiatan oleh Satgat Covid.

Kegiatan dibuka oleh Ibu Nunuk Andriani Edy Prawoto yang tak lain istri Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, yang mewakili Ibu Yulistra Ivo Azhari Sabran yang tidak bisa hadir karena ada kegiatan yang bersamaan.
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah tokoh penting di Kalimantan Tengah antara lain Asisten I dan Asisten III PemProv. Kalteng, Pembina Sagusaku Nasional dan Dewan Pakar PP IGI, Wakil Ketua Umum PP IGI Regional III Kalimantan, beberapa Instansi terkait seperti Kadisdik Pendidikan Prov. Kalimantan Tengah, Kepala Perpustakaan Prov. Kalteng, Kepala Kominfosandik Prov. Kalteng, Ketua Wilayah Kalteng, Ibu Daurwaty, dan masih banyak lagi.
Dalam Sambutannya Asisten I menyambut baik kegiatan menulis yang dilaksanakan oleh Kanal Sagusaku selama ini. Hal senada disampaikan juga oleh ibu Nunuk dalam sambutannya, beliau menilai kegiatan Launching Buku sangat bagus untuk memotivasi guru agar mau menulis.
Diana Mulawarmaningsih selaku PJ Sagusaku mengatakan bahwa, “Tujuan kegiatan Launching Buku ini adalah sebagai media publikasi Buku Karya Guru Sagusaku, Memotivasi guru untuk terus produktif menghasilkan karya, dan Memenuhi kewajiban penulis untuk menyerahkan karya bukunya kepada pihak perpustakaan agar kebermanfaatan tulisan bisa dinikmati oleh banyak orang.”

Dalam kegiatan ini, dilaunchingkan 102 judul buku sejumlah 118 eksemplar buku. Buku yang diserahkan adalah buku hasil pelatihan/ workshop/Gerakan menulis yang sudah dilaksanakan di 5 kabupaten/kota di Wilayah Kalteng sejak tahun 2018 hingga 2021.
Launching ini dapat terlaksana berkat kerjasama dengan berbagai pihak, di antaranya Kantor Perpustakaan Provinsi Kalteng dan Diskominfo Sandi Privinsi. Serta beberapa pihak sebagai penyandang dana.
Pada kesempatan ini, diserahkan pula Anugerah Literasi kepada Ibu Yulistra Ivo Sabran sebagai Bunda LIterasi Sagusaku Kalteng, Tokoh Penggerak Literasi Kalteng, di antaranya Lies Nurfahimah, Hamka, Rusnanie, H.A. Syaifudi, Mofit Saptono Subagio, Daurwaty. Selain itu penghargaan sebagai Coach Sagusaku kepada Diana Mulawarmaningsih, Norhasanah, Ria Matallata, dan Chalen Nur Aprilian Felliana. Dan diumumkan juga 10 Nominasi penulis terbaik, tampil sebagai Penerima Sagusaku Award Penulis Terbaik adalah Muhamad Syaifullah guru SMA Muhammadiyah Palangka Raya.

Rangkaian kegiatan siang itu ditutup dengan pembacaan puisi dan pantun karya penulis Sagusaku Kalteng. Tentunya kami berharap kegiatan ini akan berlangsung terus menerus, sebagai apresiasi kepada para penulis.

Comments

comments