Kadisdik dan Bunda Paud Kab. Katingan Raih Penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia 2019 Dari PP. IGI

0
87

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan Drs. Muhammad Hasrun, MM., M.AP. dan Bunda Paud Kabupaten Katingan Daurwaty Sakariyas menjadi salah satu dari penerima penghargaan Anugrah Pendidikan Indonesia (API).

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhammad Ramli Rahim yang disaksikan oleh delegasi Mendikbud, delegasi Menteri Agama, Vice President PT. Samsung Electronic Indonesia, Mr. Lee Kang Hyun, pihak penyelenggara Global Educational Supplies and Solution (GESS), pengurus IGI Pusat dan Daerah, serta penerima API lainnya dari seluruh Indonesia.

Kegiatan penghargaan API berlangsung sebagai bagian dari Konferensi Pendidikan Internasional GESS pada Jumat (20/9) di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Saat menerima API, Muhammad Hasrun dan Daurwaty Sakariyas didampingi oleh Wakil Ketua IGI Kabupaten Katingan Diana Mulawarmaningsih, S.Ag. Muhammad Hasrun meraih penghargaan API dalam kategori Birokrat, sedangkan Daurwaty Sakariyas meraih penghargaan API dalam kategori Tokoh Masyarakat.

Muhammad Hasrun selama ini dinilai telah berkontribusi dan berinovasi nyata kepada dunia pendidikan di Kabupaten Katingan. Selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan Muhammad Hasrun mampu bersikap adil terhadap semua organisasi profesi guru, dengan memberikan kesempatan yang sama dalam melaksanakan kegiatannya.

Diantaranya memfasilitasi kegiatan Satu Guru Satu Buku (Sagusaku IGI) baik itu Pelatihan menulis untuk guru dan siswa, maupun dalam kegiatan Road Show Gelis IGI di beberapa sekolah di Kabupaten Katingan sehingga puluhan guru mampu menulis buku. Dan beberapa kegiatan IGI lainnya.

Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim dalam sambutannya menjelaskan bahwa penerima API dari IGI bekerjasama dengan GESS diberikan kepada mereka yang telah memberikan banyak konstribusi dan inovasi nyata terhadap tumbuh kembangnya dunia pendidikan di berbagai daerah di Indonesia.

Adapun tujuan diselenggakan API menurut Ramli adalah sebagai ucapan terima kasih kepada penerima API atas dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan mengembangkan pendidikan di tanah air, selain itu API menjadi ajang silaturahmi IGI dengan para tokoh penerima API.

Proses penetapan penerima API diawali dengan beberapa tahapan dan penilaian yang sangat matang oleh tim yang dibentuk IGI. “Nama-nama calon penerima API diajukan oleh IGI Wilayah dan Daerah se-Indonesia, kemudian diproses, diverifikasi secaara faktual, dievaluasi, dan diputuskan yang berhak menerima API.

Terima kasih saya ucapkan kepada penerima API yang telah memberikan konstribusi serta membangun inovasi nyata bagi dunia pendidikan. Saya berharap komitmen ini terus berlanjut sampai kapan pun,” ucap Ramli dalam sambutannya.

Saat ditemui usai kegiatan API, Muhammad Hasrun merasa sangat bersyukur kepadaTuhan dan berterima kasih kepada IGI Kabupaten Katingan yang telah mengusulkan dirinya menjadi salah satu penerima API.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi saya untuk terus memajukan pendidikan di Kabupaten Katingan, terutama dalam upaya peningkatan kompetensi guru sehingga suatu saat saya punya keinginan pendidikan di Kabupaten Katingan tidak kalah dengan daerah lain yang saat ini sudah lebih maju. Program IGI dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru ini harus didukung, karena peningkatan kompetensi guru menjadi salah satu kunci keberhasilan pendidikan di negeri ini. Apabila gurunya berkualitas maka dipastikan pendidikan akan maju, dan bila pendidikan maju maka akan mendorong majunya sebuah negara,” ujar Hasrun.

Hal senada disampaikan oleh Hasrun, Daurwaty saat ditemui dikediamannya mengungkapkan sangat mendukung kegiatan IGI, salah satunya dengan ikut menulis buku bersama Sagusaku IGI. Melalui aktivitas menulis buku yang dilakukannya, Daurwaty ingin memotivasi sekaligus memberikan contoh langsung kepada guru bahwa siapa saja bisa menulis buku, terlebih para guru di kabupaten Katingan untuk mau menghasilkan karya buku seperti yang dilakukannya.

“Saya sangat berterima kasih kepada IGI Kabupaten Katingan karena telah memberikan penghargaan yang luar biasa kepada saya. Semoga saya bisa terus konsisten dalam berpartisipasi memajukan pendidikan di Kabupaten Katingan,” ujar Daurwaty yang juga berperan sebagai Pembina IGI Kabupaten Katingan .

Comments

comments