IGIGO Gelar Pelantikan Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo Periode 2021-2026 dan Seminar Nasional

0
295

Gorontalo, IGI.OR.ID- Ikatan Guru Indonesia Provinsi Gorontalo (IGIGO) melaksanakan serangkaian kegiatan Pelantikan Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo, dilanjutkan Seminar Nasional dan di akhiri dengan kegiatan Rakerda. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan sehari dengan mode blended daring luring. (Ahad,14/11/2021)

dari kiri, Sekwil IGIGO ‘Herlina Ohi, Ketwil IGIGO ‘Irvan Abraham Salihi’, Kasie PTK SMA dan Diksus Dikbudpora ‘Femmy F Saidi, SE.,’ MedPub PP IGI ‘Rahmawaty’

Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo yang dipilih melalui inisiasi Pengurus Wilayah untuk masa bhakti 2021 – 2026 resmi dilantik oleh Ketua Wilayah IGI Provinsi Gorontalo, Irvan Abraham Salihi, M.Kom., yang diselenggarakan di Lantai 3 Kampus Universitas Ikhsan Gorontalo. Pelantikan ini merupakan hal yang pertama kalinya dalam sejarah pelantikan Pengurus Daerah IGI Gorontalo.

Pelantikan PD IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo dilaksanakan serempak dengan  mode daring luring dan diikuti penuh hikmah oleh masing-masing PD IGI Kota Gorontalo, PD IGI Kabupaten Gorontalo, PD IGI Kabupaten Boalemo, PD IGI Kabupaten Pohuwato, PD IGI Kabupaten Boalemo dan PD IGI Kabupaten Gorontalo Utara.

Acara pelantikan pengurus IGI ini mengangkat tema “Mengembangkan Intelektual Guru Menuju Organisasi Guru Profesional, Inovatif, dan Kreatif.”
Pelantikan Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo dihadiri secara daring oleh Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia, Danang Hidayatullah dan sebagian Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo. Dan dihadiri secara luring oleh Pengurus Pusat IGI bidang Media dan Publikasi Rahmawaty Polontalo, Pengurus  Wilayah IGIGO, sebagian Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo dan Kepala Dinas Dikbudpora yang diwakili oleh Ibu Femmy F Saidi, SE., Kasie PTK SMA dan Diksus.

Ketum IGI, Danang Hidayatullah

Adapun acara dimulai Pukul 10.00 WITA mode blended daring luring, diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh PD IGI Bidang peningkatan Mutu Pendidikan, Sri Purwanti Poetri Salimuddin, S.Pd sekaligus sebagai MC pada sesi Pelantikan. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IGI, kemudian laporan dari penanggung jawab kegiatan oleh Rahmawaty Polontalo. Setelah itu diadakan Acara Puncak yaitu Pembacaan SK Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo oleh Sekretaris Wilayah IGI Provinsi Gorontalo Herlina Ohi, disambung dengan pengucapan sumpah dan janji Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo periode 2021-2026 yang dipimpin oleh Ketua Wilayah IGI Provinsi Gorontalo, Irvan Abraham Salihi. Pengurus Daerah baik luring dan daring semua berbaris dalam barisan yang rapih mengucapkan sumpah dan janji.

Peserta Pelantikan secara daring

Setelah acara Pelantikan dilanjutkan dengan kata sambutan dari:
Ketua Wilayah IGI Provinsi Gorontalo, Irvan Abraham Salihi, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa IGI merupakan Organisasi bagi guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya serta sharing (berbagi) pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mengembangkan kompetensi dan kualitas para guru. Beliau juga mengatakan bahwa langkah awal yang harus dilakukan Pengurus Daerah se-Kabupaten/Kota Gorontalo, segera melakukan konsolidasi internal dengan jajaran anggotanya dan menyusun Program Kerja untuk 1 masa bhakti.

Selanjutnya, Ketua Umum PP IGI Danang Hidayatullah, di awal sambutannya mengatakan bahwa lebih baik sedikit anggota dalam kepengurusan tapi mau bergerak dan memberi kebermanfaatan dari pada banyak anggota tapi enggan bergerak. Beliau berharap pada pengurus terpilih melakukan perubahan, perubahan berupa pergerakan dari keadaan saat ini menuju keadaan yang kita inginkan sesuai harapan bersama.

Acara pelantikan dihadiri juga Kepala Dinas Dikbudpora yang diwakili oleh Ibu Femmy F Saidi, SE., Kasie PTK SMA dan Diksus. Hal ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah dalam mendukung sepenuhnya keberadaan IGI sebagai suatu organisasi untuk meningkatkan kompetensi dan profesional guru.
“Saya atas nama Kadis Dikbudpora mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo masa bakti 2021-2026.” Saya berharap, dengan kepengurusan IGI yang baru terbentuk ini dan merupakan Kepengurusan perdana untuk Gorontalo, bisa membawa perubahan sehingga IGI eksis dalam meningkatkan kompetensi Guru dan menebar kebermanfaatan sesuai amanah Sharing and Growing Together sebagai wujud profesionalitas organisasi. Selain itu, beliau berpesan agar organisasi ini dapat berkenan di hati sehingga anggotanya merasa bangga sebagai anggota IGI.

Acara Pelantikan diakhiri dengan pembacaan Do’a oleh Ketua PD IGI Kota Gorontalo, H. Yusuf Bagu, S.Pd., M.Pd. Kegiatan rangkaian Pelantikan berlangsung khidmat hingga sesi Pelantikan selesai pukul 11.45 WITA dan dilanjutkan acara ramah tamah serta makan siang.

Tepat Pukul 13.30 WITA, dilanjutkan Seminar Nasional dengan judul “Tingkatkan Kualitas Diri melalui Skill Publick Speaking.” Oleh narasumber Dosen Universitas Ikhsan Gorontalo MINARNI TOLAPA, S.Sos.,M.Si. Seminar berlangsung seru karena diikuti secara blended daring luring oleh Pengurus Daerah se-Kabupaten/Kota Gorontalo dengan berjuang menepis kendala jaringan. Makin seru juga karena di akhir sesi Seminar diadakan game dengan konten Public Speaking yang berlangsung 5 menit.

dari kiri, Narasumber Seminar ‘MINARNI TOLAPA, S.Sos.,M.Si,’  Moderator ‘Rahmawaty’

Pukul 15.30 dilanjutkan sesi Rakerda yang langsung dipandu oleh Ketua Wilayah IGI Provinsi Gorontalo Irvan Abraham Salihi, dan diikuti oleh semua Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo secara blended daring luring. Masing-masing Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo diarahkan pada pilihan Kanal yang sudah disiapkan melalui SIM GP IGI, tentu menyesuaikan dengan kebutuhan Daerah masing-masing. Setelah sesi tanya jawab seputar Program Kerja, Beliau mengarahkan masing-masing PD IGIGO untuk melakukan konsolidasi dengan anggota pengurusnya dalam mengeratkan kebersamaan dan membangun komitmen, mewujudkan sinergi IGI untuk Indonesia. Diharapkan masing-masing PD IGIGO dapat menyusun Program Kerja secara luring di Daerahnya masing-masing, demikian beliau menambahkan harapannya sekaligus mengakhiri sesi Rakerda.

dari kiri, Kasie PTK SMA dan Diksus ‘ Femmy F Saidi, SE.,’ PJ Kegiatan ‘Rahmawaty Polontalo’

Saya selaku penanggujawab kegiatan mengucapkan penghargaan tak hingga pada semua pihak yang turut serta mensupport kegiatan Pelantikan, Seminar dan Rakerda hingga terlaksana sukses penuh khidmat. Dan ucapan terimakasih untuk semua Pengurus Daerah IGI se-Kabupaten/Kota Gorontalo atas kesungguhannya turut serta dalam prosesi pelantikan baik luring dan daring hingga kegiatan usai sore hari pukul 17.00 WITA.

Comments

comments